Startup StablR Raih Dana Sebesar $3,5 Juta, Siap Guncang Pasar Stablecoin!

author:

Startup StablR Raih Dana Sebesar $3,5 Juta, Siap Guncang Pasar Stablecoin!

StablR, startup yang bergerak di bidang stablecoin dan baru diluncurkan tahun lalu, baru saja mengumumkan perolehan dana sebesar €3,3 juta ($3,5 juta) dalam putaran pendanaan awal. Dana ini akan digunakan untuk memperluas bisnis stablecoin berbasis euro mereka.

StablR dan Bisnis Stablecoin Euro

Menurut laporan The Block, Deribit, Maven 11, Theta Capital, Folkvang, dan Blocktech semuanya berpartisipasi dalam putaran ini. Meski begitu, tidak ada valuasi yang diungkapkan.

StablR mulai menerbitkan stablecoin yang didukung oleh euro, dengan kode EurR, pada 12 Oktober. Dalam waktu sebulan, lebih dari 10 juta token telah dicetak.

Baca juga: Bank Spanyol Siap Menghadapi Era Baru dengan Euro Digital, Apa Saja Keuntungannya?

Startup ini mulai beroperasi pada Agustus 2022, atau sekitar setahun yang lalu. StablR berambisi untuk mengubah pasar stablecoin dengan menetapkan “standar baru untuk stabilitas dan kepercayaan”.

Beberapa fitur utama produk ini antara lain: resmi terdaftar sebagai Penerbit Aset Keuangan Virtual di Malta; memberikan tingkat visibilitas tinggi pada cadangan mereka melalui pernyataan harian yang dibawa ke blockchain melalui Chainlink; dan dana sepenuhnya dipisahkan dari penerbit dalam Trust Irlandia yang dikelola oleh manajer aset independen.

Pasar Stablecoin yang Dipegang Euro

regulasi stablecoin amerika serikat
Sumber: Deccan Herald

StablR berharap dapat membawa likuiditas ke pasar DeFi dan CeFi, yang pada akhirnya akan membawa lebih banyak pengguna ke dalam ekosistem crypto. Meskipun stablecoin yang dipegang ke dolar AS sudah menjadi bagian besar dari ekosistem tersebut, alternatif yang dihubungkan dengan euro belum sepenuhnya populer.

Data yang dilacak oleh The Block Research menunjukkan bahwa total pasokan stablecoin euro di Ethereum saat ini sedikit di bawah 590 juta.

“Aset-aset tersebut disimpan dalam sebuah trust yang sepenuhnya terpisah dan independen yang menginvestasikan dana-dana tersebut dalam reksa dana pasar uang teregulasi yang berinvestasi pada obligasi pemerintah jangka pendek, sehingga menciptakan risiko mitra pengimbang yang paling rendah di industri ini,” ujar sang pendiri, Gijs op de Weegh, kepada The Block.

Baca juga: Stablecoin Crypto Jadi Pusat Perhatian Federal Reserve AS, Ada Apa?

Perubahan Pasar Stablecoin dengan Kedatangan StablR

StablR percaya bahwa dominasi dolar dalam pasar stablecoin mencerminkan struktur pasar keuangan tradisional, tetapi kejelasan regulasi di Eropa mungkin segera mengubah hal-hal dalam crypto.

Stablecoin euro penting untuk wilayah Eropa, karena konsumen ingin membeli aset yang dihargai dalam euro, pembayaran dan pinjaman dilakukan dalam euro, dan untuk perdagangan internasional, pasar FX on-chain adalah peluang besar untuk merampingkan bisnis mereka.

Pada akhirnya, dengan perolehan dana sebesar €3,3 juta, StablR siap untuk mengguncang pasar stablecoin. Dengan fokus pada stablecoin berbasis euro, StablR berpotensi membawa perubahan besar dalam ekosistem crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: