StarkWare Mengumumkan “Cairo Verifier” untuk Verifikasi Layer 3 di Starknet!

StarkWare Mengumumkan “Cairo Verifier” untuk Verifikasi Layer 3 di Starknet!

Dalam langkah yang mengejutkan industri blockchain, StarkWare, pengembang di balik blockchain Starknet, baru-baru ini mengumumkan peluncuran “Cairo Verifier” dalam beberapa minggu ke depan.

Inisiatif ini membuka pintu untuk rantai aplikasi berbasis Layer 3 di Starknet, menandai era baru dalam skalabilitas blockchain. Dikembangkan bersama oleh StarkWare dan Herodotus, Cairo Verifier adalah teknologi kunci yang memverifikasi bukti dan mengirimkannya kembali ke blockchain Layer 2, bukan ke mainnet Ethereum. Simak berita lenklapnya disini!

Revolusi dalam Verifikasi Blockchain

Cairo Verifier memungkinkan pengembang untuk mengimplementasikan perhitungan yang dapat diverifikasi menggunakan STARK—jenis bukti yang dikembangkan oleh StarkWare—di Starknet Layer 2 sehingga aplikasi yang berjalan di Layer 3 dapat menggunakannya untuk keamanan. Ini bertujuan untuk mengatasi tantangan utama seperti biaya verifikasi yang tinggi dan masalah latensi yang biasanya dapat membatasi penyebaran aplikasi Layer 3 di Starknet.

Menurut pengembang, ini membuka pintu untuk lebih memperluas blockchain aplikasi spesifik Layer 3 di Starknet. Saat ini, proses verifikasi di Starknet melibatkan prover dan verifier ‘SHARP’, yang mengirimkan bukti kriptografi ke L1 Ethereum. Bukti ini kemudian diverifikasi di L1, memastikan keamanan aplikasi berbasis Starknet.

Baca Juga: Uri Kolodny Mundur Sebagai CEO StarkWare, Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya?

Bagaimana Cara Kerjanya?

starknet bagikan token
Sumber: Starknet

Cairo Verifier memperluas keamanan STARK ke Layer 3, memungkinkan verifikasi bukti di Starknet dan diharapkan akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan. “Kami memiliki prototipe kerja dari Cairo Verifier, dengan peluncuran yang diharapkan dalam beberapa minggu ke depan,” kata Kacper Koziol, salah satu pendiri Herodotus.

Kontributor Starknet sedang mengerjakan pembuatan jaringan blockchain aplikasi spesifik Layer 3, masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan spesifik. Blockchain khusus ini menawarkan fleksibilitas untuk menyesuaikan elemen seperti fungsi hash dan mekanisme konsensus.

Baca Juga: Heboh! Starknet Siapkan Airdrop Token STRK, Siapa Saja yang Berhak?

Dampak pada Ekosistem Blockchain

Peluncuran Cairo Verifier oleh StarkWare menandai langkah penting dalam evolusi teknologi blockchain. Dengan memungkinkan verifikasi bukti dari rantai Layer 3 di Layer 2, yang sebelumnya tidak mungkin, StarkWare mengurangi biaya verifikasi bukti ini dan mempercepat waktu konfirmasi transaksi.

Cairo akan menjadi inti dari verifikasi bukti penyimpanan di Layer 2 dan Layer 3, menurut StarkWare. Bukti penyimpanan adalah fitur kriptografi yang memungkinkan pengguna “membuktikan” bahwa transaksi atau aset tertentu ada di rantai lain, tanpa harus mengandalkan pihak ketiga. Pengembang StarkWare dan Herodotus telah bekerja sama sebelumnya untuk mengembangkan bukti penyimpanan di Starknet.

Kesimpulan

Peluncuran Cairo Verifier oleh StarkWare menjanjikan era baru dalam skalabilitas dan keamanan untuk aplikasi blockchain Layer 3. Dengan mengurangi biaya dan latensi verifikasi, serta memperluas kemungkinan untuk aplikasi spesifik, Cairo Verifier menetapkan standar baru dalam teknologi blockchain. Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam ekosistem blockchain tetapi juga membuka jalan bagi inovasi dan adopsi yang lebih luas di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: