StarkWare Kembalikan Akses ke Dompet Crypto Setelah Protes dari Komunitas!

StarkWare Kembalikan Akses ke Dompet Crypto Setelah Protes dari Komunitas!

Setelah menghadapi banyak keluhan dari komunitas, StarkWare akhirnya memutuskan untuk mengembalikan akses ke dompet crypto yang sudah usang. Keputusan ini memungkinkan pengguna untuk mengakses kembali dana mereka yang terkunci, yang diperkirakan mencapai $550.000 atau Rp8,3 miliar (kurs $1 = Rp15.200). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mengapa Akses ke Dompet Dikunci?

akses dompet starkware
Sumber: Akun Twitter StarkWare

Dilansir dari Coindesk, StarkWare sebelumnya telah mengunci akses ke dompet yang tidak diperbarui ke versi smart contract terbaru StarkNet sebelum tanggal 21 Agustus 2023.

Menurut Ana Vukina, agen dukungan pelanggan untuk dompet Ethereum layer-2 Argent, semua akun yang gagal diperbarui menjadi “usang” dan tidak dapat digunakan.

“Selama setahun terakhir, kami telah mengkomunikasikan kebutuhan untuk memperbarui dompet Anda, dan dompet yang tidak diperbarui pada tanggal ini akan hilang,” kata Vukina, dikutip dari Coindesk, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga: Dompet Crypto Harus Pindah ke Multichain? Ini Kata CEO Phantom!

Reaksi dari Komunitas

Komunitas merespons dengan kekecewaan terhadap keputusan awal StarkWare. Salah satu pengguna StarkNet, Belgio, mengatakan, “Jaringan yang memungkinkan Anda kehilangan akses ke dana pengguna karena ‘pembaruan jaringan’ pantas untuk gagal.”

Beberapa orang lain menunjukkan bahwa ada alternatif yang bisa melindungi semua dana pengguna tanpa memperlambat inovasi StarkWare.

Baca Juga: Tangem Luncurkan Batch Baru Dompet Hardware Shiba Inu? Ini yang Harus Kamu Ketahui!

Keputusan untuk Mengembalikan Akses

Setelah mendapat banyak keluhan, StarkWare akhirnya memutuskan untuk mengembalikan akses. “Ketika 0.12.1 mulai berjalan, akun yang tidak diperbarui menjadi sementara tidak dapat diakses,” tweet StarkNet.

“Mulai hari ini, pembaruan telah diaktifkan kembali, memungkinkan pengguna untuk segera mendapatkan kembali akses ke akun mereka.” Namun, perlu diingat bahwa mungkin memerlukan waktu satu hari untuk dana dari dompet ini muncul kembali karena alasan teknis.

Keputusan StarkWare untuk mengembalikan akses ke dompet crypto yang sudah usang adalah langkah positif yang disambut baik oleh komunitas. Meskipun ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dari insiden ini, yang paling penting adalah pentingnya komunikasi antara pengembang dan komunitas untuk meminimalkan dampak negatif dari perubahan jaringan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: