Starknet: Solusi Revolusioner untuk Masa Depan Ethereum yang Lebih Terdesentralisasi dan Aman

Starknet: Solusi Revolusioner untuk Masa Depan Ethereum yang Lebih Terdesentralisasi dan Aman

Starknet, jaringan skalabilitas Ethereum L2, berencana untuk mendesentralisasi komponen inti dari sistemnya. Langkah ini diambil untuk melawan sensor dan meningkatkan keandalan jaringan. Selain itu, Starknet juga menawarkan solusi bagi tantangan skalabilitas dan keamanan yang dihadapi Ethereum dan blockchain lainnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Starknet: Membangun Masa Depan Ethereum yang Lebih Skalabel dan Aman

Starknet adalah solusi L2 yang inovatif yang memanfaatkan sistem bukti kriptografi STARK. Teknologi ini memungkinkan Starknet untuk menawarkan transaksi yang aman, berbiaya rendah, dan berkinerja tinggi sambil mempertahankan komposabilitas dan keamanan Ethereum.

Hasilnya adalah blockchain L2 di mana aplikasi terdesentralisasi (dApps) dapat mencapai skalabilitas tak terbatas untuk kebutuhan komputasi mereka tanpa mengorbankan desentralisasi atau integritas data. Starknet memungkinkan dApps untuk menjangkau jutaan pengguna tanpa mengorbankan kinerja atau meningkatkan biaya.

Dengan memanfaatkan sistem bukti STARK, Starknet secara signifikan mengurangi biaya transaksi, membuatnya lebih terjangkau bagi pengguna dan pengembang. Selain itu, Starknet menjamin tingkat keamanan yang sama dengan mainnet Ethereum, melindungi dana pengguna dan mencegah akses yang tidak sah.

Baca Juga: TVL Starknet Capai Rekor Baru, Melesat 10x Lipat dalam Hitungan Bulan!

Bahasa Pemrograman Cairo dan Alat Pengembangan Starknet

keunggulan starknet
Sumber: U Today

Salah satu komponen utama yang membuat Starknet unik adalah bahasa pemrogramannya, Cairo. Kontrak Starknet dan OS Starknet ditulis dalam Cairo, bahasa yang dibuat khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan Starknet. Cairo memberikan pengembang alat yang mereka butuhkan untuk membangun kontrak pintar yang efisien dan aman di platform Starknet.

Untuk memulai pengembangan di Starknet, kamu akan perlu menyiapkan lingkungan pengembangan kamu. Beberapa alat yang direkomendasikan untuk memulai perjalanan kamu adalah Starkli Book dan Scarb, alat pengembangan dan manajer paket untuk ekosistem Cairo dan Starknet.

Baca Juga: StarkWare Kembalikan Akses ke Dompet Crypto Setelah Protes dari Komunitas!

Starknet: Solusi untuk Tantangan Skalabilitas dan Keamanan Ethereum

Starknet berpotensi menjadi perubahan besar bagi Ethereum, menawarkan solusi skalabilitas dan keamanan untuk ekosistem Ethereum yang terus berkembang. Dengan bahasa pemrograman efisien, Cairo, dan berbagai alat pengembangan seperti Starkli dan Scarb, pengembang sekarang memiliki sumber daya yang mereka butuhkan untuk membangun dApps yang kuat dan aman di Starknet.

Seiring perkembangan Ethereum, Starknet mewakili langkah maju yang signifikan dalam mengatasi tantangan skalabilitas dan keamanan yang telah lama mengganggu industri blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: