Starknet Foundation Gelontorkan Dana Hibah $5 Juta untuk Proyek Blockchain

author:

Starknet Foundation Gelontorkan Dana Hibah $5 Juta untuk Proyek Blockchain

Jakarta, Pintu News – Starknet Foundation, yang berada di balik proyek altcoin Starknet (STRK), mengumumkan program hibah senilai $5 juta dalam bentuk USD Coin (USDC) untuk mendukung proyek-proyek yang dikembangkan di jaringan tersebut.

Pendanaan ini bertujuan untuk membantu para pengembang dengan proyek blockchain dalam tahap akhir untuk diluncurkan dan untuk meningkatkan inovasi blockchain secara keseluruhan.

Starknet Foundation Luncurkan Program Hibah $5 Juta untuk Proyek Blockchain

Program hibah baru senilai $5 juta ini akan berfungsi sebagai dorongan terakhir untuk membantu meluncurkan proyek tahap akhir di Starknet, solusi penskalaan Ethereum Layer-2 berbasis ZK-rollup, yang bertujuan untuk mendukung setidaknya 200 tim proyek yang menjanjikan dengan masing-masing $25.000.

Baca juga: Perluas Kemampuan Blockchain Ethereum, Polygon Luncurkan Miden Alpha Testnet

CEO Starknet Foundation, Diego Oliva, menyatakan bahwa program hibah $5 juta diperkenalkan untuk memecahkan masalah mendasar yang dihadapi oleh pengembang Starknet saat ini.

Program hibah ini akan menargetkan proyek-proyek yang terkait dengan Starknet yang telah mengembangkan produk minimum yang layak (MVP) atau bukti konsep.

Kepada Cointelegraph, Olvia mengatakan,

“Kami telah mendengarkan dengan seksama para developer [pengembang] dan mendengar tentang tantangan utama yang mereka hadapi. Kami berbicara tentang orang-orang dengan kreativitas dan visi luar biasa yang membutuhkan dukungan untuk menyelesaikan proyek yang selalu sulit untuk mencapai tahap akhir dan masuk ke tahap produksi. Jadi kami merespons dengan program ini, yang dimaksudkan, secara langsung dan dengan birokrasi yang minimal, untuk mengatasi hal ini.”

Hibah untuk Proyek Blockchain yang Menjanjikan

Selain itu, ketika ditanya tentang proyek dan kategori protokol paling menarik yang dibangun di Starknet, Oliva menyatakan bahwa game berbasis blockchain terus menjadi kasus penggunaan terbaik.

Menurut data yang diberikan oleh DappRadar, game berbasis blockchain menyumbang 35% dari total aktivitas aplikasi terdesentralisasi (dApp). Jelas bahwa Starknet semakin menarik lebih banyak pengembang ke ekosistemnya.

Sumber: Electric Capital 2023 Developer Report

Lebih lanjut, Starknet telah menarik lebih banyak pengembang ke dalam ekosistemnya. Total pengembang bulanan meningkat menjadi lebih dari 22.400 pada Desember 2023, naik lebih dari 113% dalam tiga tahun terakhir, dari 10.500 pada Desember 2020, menurut Laporan Pengembang 2023 dari Electric Capital.

Baca juga: 5 Top Starknet Ecosystem 2024: STRK, LORDS, NSTSTRK, UNO, SPEPE

Dengan program hibah $5 juta yang diumumkan, lebih banyak pengembang diharapkan beralih ke ekosistem tersebut.

Dorongan untuk Inovasi Blockchain

Program hibah $5 juta ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak inovasi blockchain dan membantu proyek-proyek yang menjanjikan untuk diluncurkan di Starknet.

Dengan dukungan finansial dan sumber daya yang disediakan oleh Starknet Foundation, pengembang akan dapat membawa ide-ide mereka menjadi kenyataan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekosistem Starknet.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Footprint Analytics