Starknet dan Ethereum Membawa Revolusi Biaya Transaksi!

Starknet dan Ethereum Membawa Revolusi Biaya Transaksi!

Dunia crypto baru saja menyaksikan langkah revolusioner yang diambil oleh Starknet bersamaan dengan pembaruan Dencun Ethereum, yang berpotensi mengguncang struktur biaya transaksi di jaringan Ethereum. Inovasi ini tidak hanya menjanjikan penurunan biaya yang signifikan tetapi juga efisiensi yang lebih besar dalam pemrosesan transaksi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penurunan Biaya Transaksi yang Drastis

Starknet, protokol skalabilitas Layer-2, berambisi untuk memangkas biaya transaksi secara signifikan pasca-pembaruan Dencun Ethereum. Dengan mengadopsi metode transaksi “blobs” yang lebih efisien, Starknet berpotensi mengurangi biaya transaksi hingga setengah dari biaya saat ini.

Pembaruan Dencun, yang merupakan salah satu pembaruan terbesar Ethereum sejak transisi ke konsensus proof-of-stake, memperkenalkan EIP-4844. Ini memungkinkan rollup untuk menyimpan data dengan cara yang lebih hemat biaya, menggantikan metode “call data” yang lebih mahal. Perubahan ini diharapkan dapat mengurangi beban biaya bagi pengguna dan meningkatkan efisiensi transaksi di jaringan.

Baca Juga: Grayscale Luncurkan ETF Bitcoin Mini, Investor Bisa Untung!

Optimalisasi Kode dan Infrastruktur

Selain penurunan biaya, Starknet juga mengimplementasikan serangkaian optimalisasi kode yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi jaringan. Versi terbaru Starknet, 0.13.1, memanfaatkan EIP-4844 untuk memfasilitasi transisi dari metode “calldata” ke “blobs”, yang secara langsung berkontribusi pada pengurangan biaya.

Optimalisasi ini tidak hanya berfokus pada pengurangan biaya tetapi juga pada peningkatan infrastruktur prover bersama (SHARP) Starknet. Dengan meningkatkan ukuran “trains”, yang merupakan batch agregasi bukti transaksi, Starknet berupaya meningkatkan jumlah transaksi yang dapat diverifikasi bersamaan di Ethereum, sehingga meningkatkan skalabilitas dan efisiensi jaringan.

Baca Juga: Starknet: Solusi Revolusioner untuk Masa Depan Ethereum yang Lebih Terdesentralisasi dan Aman

Masa Depan Skalabilitas Ethereum

Langkah-langkah inovatif yang diambil oleh Starknet dan pembaruan Dencun Ethereum menandai era baru dalam skalabilitas dan efisiensi biaya di ekosistem Ethereum. Dengan mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan efisiensi pemrosesan, kedua inisiatif ini membuka jalan bagi adopsi crypto yang lebih luas dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Kedua pembaruan ini tidak hanya menunjukkan komitmen terhadap peningkatan teknis tetapi juga terhadap pengalaman pengguna akhir. Dengan terus berinovasi dan mengoptimalkan, Starknet dan Ethereum menegaskan posisi mereka sebagai pemimpin dalam evolusi ekosistem crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: