Stanford University Berinvestasi pada Bitcoin, Mengikuti Jejak Universitas Terkemuka Lainnya!

Stanford University Berinvestasi pada Bitcoin, Mengikuti Jejak Universitas Terkemuka Lainnya!

Dalam sebuah langkah berani yang mencerminkan tren investasi yang berkembang di kalangan institusi terkemuka, Universitas Stanford baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah mengalokasikan 7% dari dana abadi mereka untuk investasi Bitcoin. Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan potensi keuntungan jangka panjang dari aset kripto yang sedang naik daun ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Stanford Membeli Bitcoin di Harga $45.000

Pembelian Bitcoin oleh Universitas Stanford dilakukan pada bulan Februari 2024, ketika harga Bitcoin berada di sekitar $45.000. Keputusan ini didorong oleh rekomendasi dari Kole Lee, pemimpin Stanford Blockchain Club, yang meyakinkan dana abadi universitas, Blyth Fund, untuk berinvestasi pada Bitcoin. Lee menyoroti potensi keuntungan yang signifikan dari Bitcoin dan menekankan pentingnya diversifikasi portofolio investasi.

Sumber: Akun X Kole Lee

Dalam presentasinya kepada Blyth Fund, Lee mengusulkan investasi pada ETF Bitcoin BlackRock, yang dikenal sebagai IBIT. ETF ini memberikan eksposur terhadap harga Bitcoin tanpa perlu membeli dan menyimpan Bitcoin secara langsung. Lee berpendapat bahwa ETF Bitcoin menawarkan cara yang lebih mudah dan aman bagi institusi untuk berinvestasi pada aset kripto ini.

Baca Juga: Stanford Kembalikan Donasi Jutaan Dolar dari FTX di Tengah Tuduhan Penyalahgunaan

Diversifikasi Portofolio dan Lindung Nilai

Keputusan Stanford untuk berinvestasi pada Bitcoin didasarkan pada beberapa faktor. Pertama, universitas ingin mendiversifikasi portofolio investasinya dan mengurangi risiko dengan menambahkan aset kripto yang tidak berkorelasi dengan aset tradisional.

Kedua, Stanford melihat potensi keuntungan jangka panjang dari Bitcoin, mengingat pertumbuhan pesat industri kripto dan adopsi Bitcoin yang semakin luas. Ketiga, universitas menganggap Bitcoin sebagai lindung nilai terhadap potensi ketidakpastian ekonomi dan geopolitik.

Baca Juga: Inworld AI Tutup Putaran Pendanaan Terbaru, Nilai Perusahaan Capai $500 Juta!

Blyth Fund: Investasi yang Dikelola Mahasiswa

Sumber: Stanford

Blyth Fund merupakan dana investasi yang dikelola oleh mahasiswa Universitas Stanford. Didirikan pada tahun 1978 untuk menghormati bankir legendaris Charles Blyth, Blyth Fund memiliki portofolio investasi yang mencakup saham, obligasi, dan aset lainnya.

Keputusan untuk berinvestasi pada Bitcoin mencerminkan komitmen universitas untuk mendukung inovasi dan memberikan kesempatan belajar yang berharga bagi mahasiswa dalam bidang investasi dan teknologi keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi