Standard Chartered Melibatkan Diri dalam Uji Coba Mata Uang Digital China, Ini Faktanya!

Standard Chartered Melibatkan Diri dalam Uji Coba Mata Uang Digital China, Ini Faktanya!

Standard Chartered, bank multinasional asal Inggris, baru-baru ini mengumumkan keterlibatannya dalam uji coba mata uang digital yuan pusat bank China (CBDC), yang dikenal sebagai e-CNY.

Langkah ini menjadikan bank tersebut sebagai salah satu lembaga keuangan asing pertama yang terlibat aktif dalam lanskap mata uang digital China yang sedang berkembang.

Standard Chartered dan e-CNY

Standard Chartered, melalui mitranya City Bank Clearing Services Co., akan memungkinkan kliennya untuk membeli, menukar, dan menebus e-CNY melalui akun bank mereka.

“Sebagai bank internasional yang berakar di pasar China selama 165 tahun, Standard Chartered optimis tentang prospek pengembangan renminbi digital,” kata Xiaolei Zhang, presiden Standard Chartered China.

Baca Juga: Regulator China Berpendapat bahwa Fitur CBDC dapat Meningkatkan Kebijakan Moneter!

Selain itu, bank ini juga akan bergabung dalam program uji coba e-CNY CBDC China, yang saat ini sedang berlangsung di 26 kota dan provinsi. Standard Chartered menyatakan bahwa area eksplorasinya mencakup pembayaran pedagang lintas batas, pembiayaan perdagangan, dan pembiayaan rantai pasokan.

Prospek Masa Depan dan Latar Belakang Standard Chartered

standard chartered china

Sebelumnya, Standard Chartered telah berpartisipasi dalam proyek uji coba “Multilateral Central Bank Digital Currency Bridge” di Hong Kong. Inisiatif ini berfokus pada penyelesaian pembayaran lintas batas untuk klien ritel dan korporat.

Selain itu, sebuah laporan kolaboratif dengan PricewaterhouseCoopers China, yang dirilis pada Mei 2023, membahas prospek aplikasi CBDC yang luas dalam bidang ritel, perdagangan, dan pembiayaan rantai pasokan.

Sejak diluncurkan pada 2020, transaksi e-CNY telah melampaui 1,8 triliun yuan ($253,6 miliar), dengan jumlah dompet digital mencapai 120 juta. Adopsi cepat ini menunjukkan dampak transformatif potensial mata uang digital pada lanskap keuangan global.

Paragraf Penutup

Dengan keterlibatan Standard Chartered dalam uji coba e-CNY, ini menunjukkan bahwa bank-bank besar mulai melihat potensi mata uang digital atau crypto dalam sistem keuangan global. Ini juga menunjukkan bahwa China semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam lanskap mata uang digital global.

Baca Juga: DBS Bank Luncurkan Solusi Pembayaran CBDC China, Yuan Digital

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi