Standard Chartered China Membuka Layanan Pertukaran Mata Uang Digital!

author:

Standard Chartered China Membuka Layanan Pertukaran Mata Uang Digital!

Standard Chartered Bank China baru-baru ini meluncurkan layanan pertukaran untuk program mata uang digital bank sentral (CBDC) negara tersebut. Langkah ini menandai langkah penting dalam integrasi yuan digital China ke dalam institusi keuangan.

Standard Chartered dan Yuan Digital

Standard Chartered, bank global yang berkomitmen untuk menerima mata uang digital, telah mengintegrasikan yuan digital ke dalam layanannya. Yuan digital, atau e-CNY, dikembangkan oleh Bank Rakyat China (PBOC) dan merupakan salah satu program CBDC paling maju di dunia. Hampir setiap ekonomi besar di dunia memiliki program mata uang digital. Namun, e-CNY China telah melihat adopsi yang signifikan selama tahun lalu.

Baca juga: Standard Chartered Luncurkan Platform Tokenisasi Baru Bernama Libeara!

PBOC akan mengeksplorasi fitur-fitur ini untuk menyesuaikan tingkat CBDC China. Menurut Lu Lei, deputi administrator Administrasi Negara untuk Pertukaran Asing (SAFE), CBDC dapat membantu mengelola ekonomi makro.

Selain itu, bank milik negara China mengatakan mereka akan menghubungkan yuan digital ke ‘pasar komoditas kecil terbesar di dunia.’ Langkah ini mungkin akan lebih meningkatkan adopsi CBDC China.

Yuan Digital dan Masa Depan Keuangan

transaksi yuan digital china

Yuan digital adalah komponen penting dari upaya China untuk memimpin revolusi keuangan digital dunia. Dengan penggabungan yuan digital ke dalam layanan Standard Chartered, sektor perbankan tradisional semakin menerima mata uang digital, menandai era baru keuangan digital.

Penerimaan dan integrasi mata uang digital ke dalam perbankan konvensional menunjukkan pergeseran signifikan dalam dinamika sistem keuangan global. Pengembangan ini berpotensi membuka jalan untuk penggunaan dan penerimaan mata uang digital yang lebih luas di China.

Baca juga: People’s Bank China Menguji Integrasi Pembayaran Yuan Digital di Hong Kong!

CBDC dan Implikasinya

Langkah Standard Chartered Bank untuk mengadopsi e-CNY mungkin akan menjadi preseden bagi negara lain yang sedang mengeksplorasi kelayakan implementasi CBDC mereka sendiri. Integrasi mata uang digital ke dalam layanan keuangan mainstream menunjukkan potensi CBDC untuk mengubah masa depan keuangan global, menawarkan model bagi negara lain untuk dipertimbangkan saat mereka menavigasi jalan menuju adopsi mata uang digital.

Meski demikian, banyak yang mengungkapkan kekhawatiran bahwa penggunaan CBDC adalah cara lain bagi negara untuk memantau warganya. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa mata uang digital dan crypto memiliki potensi untuk mengubah cara kita bertransaksi dan berinteraksi dengan uang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: