Kanada Terapkan Standar Pelaporan Pajak Kripto Internasional

Kanada Terapkan Standar Pelaporan Pajak Kripto Internasional

Jakarta, Pintu News – Pemerintah Kanada berencana untuk menerapkan standar pelaporan pajak aset kripto internasional yang disetujui oleh 46 negara lain, termasuk Indonesia, pada tahun 2027. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan kepatuhan pajak dalam transaksi aset kripto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pemberlakuan Kerangka Pelaporan Aset Kripto Internasional (CARF)

Kanada akan menerapkan Kerangka Pelaporan Aset Kripto Internasional (CARF) untuk perpajakan mulai tahun 2026. CARF akan mewajibkan penyedia layanan aset kripto (CASP), seperti bursa kripto, broker aset kripto, dan operator ATM aset kripto, untuk melaporkan transaksi aset kripto kepada Canada Revenue Agency (CRA).

CASP yang wajib melaporkan adalah mereka yang berdomisili di Kanada atau menjalankan bisnis di Kanada. Transaksi yang dilaporkan termasuk pertukaran antara aset kripto dan mata uang fiat, pertukaran aset kripto dengan aset kripto lainnya, dan transfer aset kripto senilai lebih dari $50.000.

Baca Juga: Kanada Berpotensi Jadi ‘Pemimpin Global’ dalam Crypto, Kok Bisa?

Dampak terhadap Penyedia Layanan Aset Kripto di Kanada

penyedia layanan aset kripto kanada
Sumber: Akun X Luke Belmar

Penerapan CARF akan berdampak pada penyedia layanan aset kripto di Kanada. Mereka harus mematuhi persyaratan pelaporan baru dan menyediakan informasi terperinci tentang pelanggan dan transaksi aset kripto kepada CRA. Kegagalan dalam mematuhi persyaratan ini dapat mengakibatkan sanksi dan denda.

Selain itu, pemerintah Kanada juga berencana untuk menaikkan tarif pajak capital gain untuk pendapatan tahunan di atas $250.000. Perubahan ini akan berdampak pada penjualan aset kripto dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan komunitas kripto Kanada.

Baca Juga: Pemerintah Kanada Berencana Memperketat Aturan Pelaporan Kripto Mulai Tahun 2027

Penguatan Kewenangan Canada Revenue Agency (CRA)

Pemerintah Kanada juga memperkuat kewenangan CRA dalam menindak pelanggaran pajak. CRA akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang transaksi aset kripto dan kewenangan untuk mengenakan sanksi kepada wajib pajak yang menolak memberikan informasi yang diminta.

CRA akan dapat mengeluarkan “pemberitahuan ketidakpatuhan” kepada wajib pajak yang gagal memberikan informasi yang diminta. Mereka yang mengabaikan pemberitahuan ini dapat dikenakan denda $50 per hari hingga maksimum $25.000.

Kesimpulan

Penerapan CARF dan penguatan kewenangan CRA merupakan langkah penting dalam meningkatkan kepatuhan pajak dan mencegah penghindaran pajak dalam transaksi aset kripto. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan penerimaan pajak dan mendukung pembangunan ekonomi Kanada.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi