Stacks L2 Siap Luncurkan Nakamoto Upgrade di April 2024, Ini Update-nya!

Stacks L2 Siap Luncurkan Nakamoto Upgrade di April 2024, Ini Update-nya!

Stacks, blockchain Layer 2 Bitcoin (BTC) berbasis open-source, mengumumkan rencana peluncuran Nakamoto upgrade antara tanggal 15 hingga 29 April. Selama periode ini, konsensus proof-of-transfer (PoX) baru, yang disebut pox-4, akan diaktifkan pada blok Bitcoin tertentu. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Nakamoto Upgrade: Meningkatkan Kecepatan Transaksi dan Finalitas Bitcoin

Nakamoto upgrade diharapkan dapat meningkatkan kecepatan transaksi dan memastikan transaksi mencapai finalitas Bitcoin 100%, sehingga mempercepat pengembangan Layer 2 pada Bitcoin.

Saat ini, terdapat $1,4 miliar terkunci dalam dana STX, yang akan otomatis dibuka, memungkinkan pengguna untuk terus menerima hadiah BTC selama siklus tersebut. Penandatangan institusional dan komunitas diharapkan untuk mengunci dana dalam kontrak pox-4 yang baru.

Baca Juga: BTC Tembus Rp1,1 Miliar, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (12/3/24)?

Proses Pendaftaran dan Pengujian Penandatangan

proses pendaftaran nakamoto upgrade
Sumber: Akun X Muneeb

Penandatangan diharapkan untuk memulai pendaftaran di jaringan dan melakukan pengujian pengaturan mereka di mainnet. Selama fase ini, penandatangan akan menjalankan kode Nakamoto, tetapi aturan konsensus Nakamoto akan tetap tidak aktif.

Proses ini memungkinkan penandatangan untuk bergabung di mainnet, meskipun mereka tidak secara aktif memvalidasi blok Layer 2 pada tahap ini. Setelah sekitar dua siklus penumpukan, akan ada Jendela Aktivasi, di mana aturan konsensus Nakamoto menjadi aktif pada blok Bitcoin tertentu.

Sepanjang dua siklus penumpukan ini, yang masing-masing berlangsung sekitar dua minggu, fokus utama pada jaringan adalah penandatangan onboarding. Ini melibatkan institusi dan penandatangan tunggal yang menjalankan pengaturan mereka di mainnet dan menguji biner dan pengaturan mereka.

Baca Juga: Bitcoin Melonjak Tembus Rekor Baru di Atas $71.000, Mengapa Bitcoin Naik Hari Ini (11/3)?

Stacks: Membawa Bitcoin Layer 2 ke Tingkat Selanjutnya

Stacks dirancang untuk memfasilitasi kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi menggunakan Bitcoin sebagai lapisan dasar yang aman. Blockchain ini meluncurkan mainnet-nya pada tahun 2021.

Ekosistemnya melibatkan lebih dari 30 entitas yang berkontribusi, termasuk Stacks Foundation nirlaba, perusahaan perkakas pengembang Hiro, Xverse, Trust Machines, Mechanism, Bitcoin L2 Labs, ALEX, dan Bitcoin Frontier Fund.

Baru-baru ini, Stacks telah mengintegrasikan delapan peserta industri baru, termasuk Blockdaemon, NEAR Foundation, DeSpread, Luxor, Chorus One, Kiln, Restake, dan Alum Labs, ke dalam jaringannya. Integrasi ini memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam ekosistem validator yang lebih luas, berkontribusi pada penandatanganan blok Stacks baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi