Bank Sentral Singapura: 3 Hari Kerja Adalah Transfer yang Tepat Waktu untuk Stablecoins

Bank Sentral Singapura: 3 Hari Kerja Adalah Transfer yang Tepat Waktu untuk Stablecoins

Meskipun teknologi blockchain terus merevolusi pembayaran dengan memungkinkan transfer instan, Bank Sentral Singapura berpendapat bahwa 3 hari kerja adalah waktu yang tepat untuk transfer stablecoins tunggal mata uang (SCS), mirip dengan kecepatan transfer uang domestik.

Kerangka Regulasi MAS untuk Stablecoins

Pada 15 Agustus, Monetary Authority of Singapore (MAS) merilis kerangka regulasi mereka untuk stablecoins di Singapura.

Baca Juga: Circle Singapore Raih Lisensi MPI, Bukti Dominasi di Dunia Keuangan Digital Asia?

Dalam pedoman yang baru diterbitkan, regulator keuangan menekankan bahwa mereka akan menganggap tiga hari kerja sebagai transfer yang tepat waktu untuk SCS, meskipun ada umpan balik yang meminta kerangka waktu yang lebih singkat.

Alasan di Balik Keputusan MAS

Menurut MAS, meskipun diharapkan transfer SCS akan diselesaikan dengan lebih cepat karena dilakukan di blockchain, transfer stablecoin yang diatur oleh MAS mungkin “terjadi pada berbagai jenis infrastruktur blockchain yang mungkin memiliki standar layanan yang berbeda.”

MAS menambahkan bahwa jenis infrastruktur blockchain ini mungkin tidak selalu berada di bawah kendali perantara.

Waktu Penukaran Stablecoins ke Fiat

regulasi stablecoin singapura

Selain transfer stablecoin, MAS juga menunjukkan bahwa penukaran SCS memerlukan waktu yang lebih lama.

Menurut dokumen tersebut, penukaran stablecoins kembali ke mata uang fiat akan diberikan waktu 5 hari kerja.

Tanggapan ini datang meskipun beberapa responden berpendapat bahwa penukaran harus dilakukan “dalam kerangka waktu yang lebih singkat, atau bahkan secara real-time.”

Baca Juga: Red Cross Singapura Kini Menerima Donasi dalam Bentuk Crypto!

Meskipun teknologi blockchain menawarkan transfer instan, MAS memilih pendekatan yang lebih konservatif dalam menetapkan kerangka waktu untuk transfer dan penukaran stablecoins.

Keputusan ini tampaknya mencerminkan keinginan untuk menyeimbangkan antara responsivitas terhadap permintaan pengguna dan memastikan proses berjalan dengan lancar di berbagai situasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: