Circle Luncurkan Stablecoin USDC di NEAR Protocol, Apa Dampaknya Bagi Ekosistem?

author:

Circle Luncurkan Stablecoin USDC di NEAR Protocol, Apa Dampaknya Bagi Ekosistem?

Circle, perusahaan teknologi keuangan yang dikenal sebagai penerbit USD Coin (USDC), telah meluncurkan stablecoin-nya di NEAR Protocol. Dengan langkah ini, USDC kini dapat diakses secara native di salah satu blockchain berkinerja tinggi.

USDC di NEAR Protocol: Apa yang Ditawarkan?

Dengan peluncuran ini, pengguna USDC sekarang dapat mengirim dan menerima stablecoin ini secara native untuk keperluan pribadi dan korporat. Ini menandai ekspansi Circle dari jangkauan blockchain untuk USDC dengan menambahkan blockchain non-EVM.

Baca juga: Grab dan Circle Berkolaborasi untuk Memperkenalkan Layanan Web3 di Singapura

USDC di NEAR Protocol menawarkan kecepatan dan skalabilitas yang memungkinkan pengembang membangun aplikasi yang cepat dan ramah pengguna dengan USDC, yang dapat diprogram dengan bahasa populer seperti JavaScript dan Rust.

Penting untuk membedakan antara USDC native di NEAR dengan USDC.e, versi USDC yang dijembatani dari jaringan Ethereum. USDC.e sudah tersedia di NEAR, tetapi berakar di blockchain Ethereum.

Pengembangan USDC dan Ekspansi di Berbagai Blockchain

usdc meluncur di near protocol
Sumber: Near

NEAR Protocol menjadi blockchain keempat belas yang mendukung USDC secara native. Sebelumnya, pada 2021, USDC telah tersedia secara native di Optimism, salah satu Ethereum L2 scaler terbesar menurut TVL.

Selama 2023, tim Circle juga telah meluncurkan USDC secara native di Polkadot dan Arbitrum, menjadikan USDC sebagai stablecoin dengan dukungan blockchain native terbanyak.

Meskipun USDC menghadapi tantangan, terutama setelah keruntuhan beberapa bank ramah kripto pada Maret 2023, stablecoin ini tetap menjadi salah satu pemain utama di ruang ini.

Baca juga: Bersama Near Protocol, Konglomerat Otomotif Ceko Ini Terjun ke Web3 dan Luncurkan Platform NFT!

Dampak bagi Ekosistem NEAR dan Aset Digital

prediksi harga near 2030
Sumber: Crypto Daily

Dengan kedatangan USDC ke NEAR, ekosistem DeFi di blockchain ini mendapat dorongan baru. NEAR, yang dikenal dengan transaksi murah yang diselesaikan dalam hitungan detik, dapat memanfaatkan USDC untuk meningkatkan adopsi dan likuiditas.

Beberapa aplikasi DeFi berbasis NEAR, seperti Burrow Cash, Ref Finance, dan Orderly Network, sekarang mendukung USDC secara native.

Dengan kapitalisasi pasar lebih dari $1 miliar, NEAR Protocol dapat memanfaatkan USDC untuk menarik lebih banyak pengguna dan pengembang ke ekosistemnya.

Pada akhirnya, peluncuran USDC di NEAR Protocol menandai langkah penting bagi Circle dalam memperluas jangkauan stablecoin-nya. Dengan dukungan dari berbagai blockchain, USDC terus menunjukkan komitmennya untuk menjadi stablecoin pilihan di industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: