Stablecoin, Mata Uang Digital yang Menyelamatkan Argentina dari Krisis Ekonomi

Stablecoin, Mata Uang Digital yang Menyelamatkan Argentina dari Krisis Ekonomi

Stablecoin, mata uang digital yang nilainya dipegang pada mata uang fiat seperti dolar AS, menjadi penyelamat di tengah krisis ekonomi yang melanda Argentina. Dengan inflasi tahunan mencapai 143% pada Oktober, stablecoin menjadi alternatif yang semakin populer di kalangan masyarakat Argentina.

Stablecoin: Solusi di Tengah Krisis Ekonomi

Presiden terpilih Argentina, Javier Milei, berjanji akan melakukan perubahan ekonomi. Meski bentuk transformasi ini baru akan diketahui setelah pelantikannya pada 10 Desember, CEO Ripio, Sebastián Serrano, menegaskan bahwa stablecoin akan tetap memainkan peran penting dalam kehidupan finansial masyarakat Argentina.

Baca Juga: Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin?

Pemilihan Milei sebagai presiden baru Argentina disambut dengan antusiasme oleh komunitas crypto di negara tersebut. Bursa crypto berbasis Argentina, Ripio, mencatatkan peningkatan pengguna baru sebesar 180% pada Oktober dan peningkatan mingguan sebesar 110% pada 19 November, hari pemilihan putaran kedua yang membawa Milei ke tampuk kekuasaan.

Stablecoin dan Masa Depan Ekonomi Argentina

regulasi stablecoin the fed
Sumber: Sumber: Crypto Economy

Stablecoin sudah memainkan peran kunci dalam kehidupan finansial masyarakat Argentina, dan hal ini mungkin akan semakin meningkat di masa depan, terlepas dari apakah Milei akan melanjutkan rencananya untuk sepenuhnya mendolarisasi ekonomi.

Serrano menyarankan bahwa Bank Sentral Argentina perlu dibereskan atau diganti dengan badan serupa, bukan dihapuskan, seperti yang dijanjikan Milei.

Tanpa otoritas sentral, bisa terjadi “aliran moneter yang sangat kacau,” seperti yang pernah terjadi di Argentina di masa lalu. Inflasi tahunan di Argentina mencapai 143% pada Oktober, dan negara ini menempati peringkat ke-15 dalam Indeks Adopsi Global Chainalysis.

Stablecoin menjadi alternatif yang semakin populer di kalangan masyarakat Argentina yang mencari cara untuk berdagang mata uang dan aset tanpa khawatir tentang fluktuasi nilai peso.

Paragraf Penutup

Dengan kondisi ekonomi yang semakin tidak stabil, stablecoin menjadi harapan baru bagi masyarakat Argentina. Meski masih harus melihat bagaimana Milei akan membawa perubahan, satu hal yang pasti adalah stablecoin akan tetap menjadi bagian penting dari kehidupan finansial masyarakat Argentina.

Baca Juga: Presiden Baru Argentina, Javier Milei, Pecinta Bitcoin, Menang Telak!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi