Stablecoin Baru PayPal, PYUSD, Mulai Dilisting di Bursa Crypto Terkemuka

author:

Stablecoin Baru PayPal, PYUSD, Mulai Dilisting di Bursa Crypto Terkemuka

Dalam langkah yang mengejutkan industri crypto, Huobi, salah satu bursa crypto terkemuka, mengumumkan akan mencantumkan stablecoin terbaru dari PayPal, PYUSD. Keputusan ini datang tepat setelah peluncuran stablecoin, menandai integrasi aset digital yang signifikan oleh PayPal.

Huobi Menjadi Bursa Pertama yang Mendukung PYUSD

regulasi stablecoin paypal pyusd
Sumber: Coinmarketcap

Huobi, dalam pernyataan resminya pada 8 Agustus 2023, mengumumkan dukungannya terhadap PYUSD, menjadikannya bursa pertama yang mendukung stablecoin ini. Huobi akan memulai perdagangan dengan pasangan PYUSD/USDT, didukung oleh kebijakan biaya penanganan nol.

Baca juga: 5 Saingan PayPal yang Berpotensi Luncurkan Stablecoin Sendiri!

Saat ini, total PYUSD yang diterbitkan mencapai $26,9 juta. Seperti stablecoin lainnya yang diakui luas, PYUSD dapat ditukar dengan dolar AS kapan saja dan juga dapat ditukar dengan kripto lain yang didukung oleh PayPal.

Selain Huobi, BitMart juga mengumumkan pencantuman utama stablecoin PYUSD. Bursa ini juga mencantumkan stablecoin dalam pasangan PYUSD/USDT, dengan proses deposit sudah dimulai.

Komunitas Crypto Terbagi Mengenai Keamanan PYUSD

Meskipun ada antusiasme mengenai peluncuran PYUSD, komunitas crypto menemukan dirinya terbagi mengenai keamanan stablecoin ini. Ada kekhawatiran tentang sentralisasi dan keamanan terkait stablecoin yang dikeluarkan oleh Paxos.

Ahli telah mengkritik fitur keamanan “perlindungan aset”, yang memungkinkan pembekuan dan penghapusan saldo individu, menyebutnya sebagai potensi “vektor serangan sentralisasi”. Paxos memiliki wewenang untuk membekukan atau menyita aset berdasarkan mandat pemerintah.

Penting untuk dicatat bahwa PYUSD dibangun di atas Solidity v0.4.24, versi yang dikenal memiliki masalah skalabilitas, keamanan yang lemah, dan kerentanan yang dikenal.

Baca juga: Investor Tarik Ratusan Juta Dolar dari Tether (USDT), Apa yang Terjadi?

Peluncuran PYUSD dan Dampaknya pada Industri

Peluncuran PYUSD menandai langkah penting lainnya oleh PayPal ke dalam lanskap mata uang digital. Stablecoin ini didukung oleh deposit dolar AS, surat berharga jangka pendek, dan setara tunai lainnya.

Meskipun Huobi menjadi yang pertama mengumumkan dukungan untuk PYUSD, diharapkan bursa crypto lainnya akan mengikuti jejaknya dalam waktu dekat.

Pada akhirnya, dengan pencantuman PYUSD di Huobi dan potensi dukungan dari bursa lainnya, industri crypto mungkin akan melihat perubahan dinamika dalam waktu dekat. Meskipun ada kekhawatiran keamanan, kehadiran PayPal di ruang ini menunjukkan adopsi crypto yang semakin meningkat oleh pemain keuangan tradisional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: