Stablecoin HKD Digital Bisa Gantikan Dolar AS Sebagai Cadangan? Hong Kong Pecahkan Rekor!

Stablecoin HKD Digital Bisa Gantikan Dolar AS Sebagai Cadangan? Hong Kong Pecahkan Rekor!

Berdasarkan dua laporan baru yang telah diungkap, sebuah stablecoin berbasis HKD (dolar Hong Kong) dapat menjadi alternatif baru untuk dolar AS dalam hal cadangan devisa. Inisiatif ini tampaknya sedang dipertimbangkan oleh pemerintah Hong Kong sebagai langkah penting dalam era digitalisasi mata uang. Simak berita lengkapnya berikut ini!

HKD Digital: Stablecoin Baru Dalam Permainan

hkd digital
Sumber: Akun Twitter Wu Blockchain

Pemerintah Hong Kong tampaknya sedang mengambil langkah maju dalam permainan mata uang digital. Mereka tengah mempertimbangkan pembuatan stablecoin HKD yang berfungsi sebagai alternatif dolar AS untuk cadangan devisa. Stablecoin adalah jenis cryptocurrency yang nilainya ditetapkan atau ‘stabil’ berdasarkan aset tertentu, dalam hal ini, dolar Hong Kong.

Stablecoin HKD ini dipandang sebagai langkah berani oleh pemerintah Hong Kong untuk memanfaatkan teknologi blockchain. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan lingkungan yang lebih stabil dan aman untuk transaksi finansial, terutama di era digital ini.

Baca Juga: Gara-Gara Crypto, Regulator Sekuritas Hong Kong Rekrut Staf Baru. Ada Apa?

Menggantikan Dolar AS: Sebuah Langkah Strategis?

Stablecoin berbasis HKD ini dapat menjadi alternatif yang menarik untuk dolar AS dalam hal cadangan devisa. Dolar AS telah lama menjadi mata uang dominan dalam cadangan devisa global, tetapi dengan munculnya teknologi baru, status quo tersebut mungkin berubah.

Menggantikan dolar AS dengan stablecoin HKD dapat memberikan banyak manfaat bagi Hong Kong. Tidak hanya membantu dalam diversifikasi cadangan mata uang, tetapi juga dapat membantu Hong Kong dalam menavigasi geopolitik yang berubah-ubah, dan mungkin menjadi pemain yang lebih signifikan dalam ekonomi digital global.

Baca Juga: BOCI dan UBS Rombak Industri Keuangan dengan Emiten Keamanan Digital Pertama di Hong Kong

Pandangan Masyarakat dan Pakar terhadap Stablecoin HKD

stablecoin hkd
Sumber: Ledger Insights

Tidak semua orang sepenuhnya mendukung ide ini. Beberapa pakar mengungkapkan kekhawatiran bahwa stabilitas HKD dapat terganggu dengan pengenalan stablecoin. Namun, sebagian lainnya percaya bahwa stablecoin HKD ini dapat memainkan peran kunci dalam transisi ke era digital.

Para advokat menekankan bahwa stablecoin HKD dapat menjadi instrumen yang sangat efektif untuk transaksi finansial di era digital. Mereka menambahkan bahwa ini juga dapat berfungsi sebagai langkah proteksi terhadap volatilitas dan ketidakstabilan ekonomi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: