Nilai Stablecoin di Ethereum Tercatat Anjlok Selagi Tron Mencatat Pertumbuhan!

author:

Nilai Stablecoin di Ethereum Tercatat Anjlok Selagi Tron Mencatat Pertumbuhan!

Dunia crypto baru-baru ini dikejutkan dengan penurunan nilai stablecoin Ethereum sebesar 34% sejak tahun 2022. Sementara itu, stablecoin Tron justru mengalami kenaikan nilai sebesar 57,7% dalam periode yang sama.

Berdasarkan analisis pasar terkini, total nilai stablecoin kini berada di angka $129,5 miliar, tanpa adanya peningkatan signifikan meskipun pasar crypto sedang dalam tren bullish.

Analisis Perbandingan Ethereum dan Tron

Dilansir dari Cryptopolitan (26/12/23), sebanyak setengah dari stablecoin di jaringan Ethereum disimpan di dompet pribadi, dengan 30% di bursa terpusat (CEX) dan hanya 5,5% di sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi). Ini menandakan pergeseran yang signifikan dari puncaknya pada Januari 2022, ketika protokol DeFi menyumbang 25% dari stablecoin di jaringan Ethereum.

Baca juga: Paxos Memperluas Penerbitan Stablecoin ke Solana pada Januari 2024!

Stablecoin utama di Ethereum seperti USDT, DAI, dan USDC juga mengalami perubahan tren pasar yang beragam. USDT relatif stabil dengan kenaikan 23%, sementara DAI mengalami penurunan 30%. USDC tercatat turun 47% dari nilai harganya.

Di sisi lain, dinamika pasar Tron menunjukkan narasi yang berbeda. Sebanyak 30% stablecoin Tron berada di bursa terpusat, namun hanya 0,2% yang digunakan dalam proyek DeFi. Pada tahun 2023, Tron menunjukkan potensi yang menjanjikan yang diperkirakan akan berlanjut hingga tahun 2024, didorong oleh beberapa faktor dan peristiwa penting yang terjadi tahun ini.

Basis pengguna Tron telah meningkat hingga 40%, dengan penggunaan stablecoin mingguan mencapai 5 juta di paruh pertama tahun 2023. Hal ini menyebabkan volume transaksi yang meningkat hingga $70 miliar setiap minggunya.

Stablecoin di Pasar Saat Ini

stablecoin usdv
Sumber: Coingape

Penelitian ini sangat penting bagi pasar yang sedang berkembang, termasuk negara-negara di Amerika Latin yang memiliki biaya transaksi rendah untuk Tron namun kecepatan yang lebih tinggi. Kecepatan ini sangat menarik bagi wilayah tersebut, mengingat tingginya tingkat inflasi di negara-negara seperti Argentina.

Baca juga: Tether (USDT) Menguasai Pasar Stablecoin dengan Market Cap Mencapai $90 Miliar!

Selain itu, sektor stablecoin dan DeFi telah menjadi pemain penting dalam status Tron yang berkembang. Ekosistem keuangan terpusat ini saat ini bernilai lebih dari $8 miliar, dengan peningkatan substansial untuk titik penerbitan di pasar crypto. Manfaat utama dari biaya dan efisiensi penggunaan stablecoin Tron khususnya telah membantu pengguna dalam melakukan transaksi dengan biaya yang lebih rendah. Hal ini juga meningkatkan aplikasi Tron sebagai salah satu stablecoin terkemuka dalam ekosistem blockchain.

Ethereum saat ini berada pada $2.264,97, menunjukkan penurunan 0,83% dalam 24 jam terakhir. Analisis bulanannya menunjukkan kenaikan 8,78%. Untuk periode yang berakhir di tahun 2023, kenaikan tahunannya adalah 87,62%, menurut data dari CoinMarketCap.

Sementara itu, Tron mengalami penurunan 1,3% dalam 24 jam terakhir menjadi $0,1059, dengan penurunan bulanan sebesar 0,33%. Meskipun mengalami fluktuasi harga dalam beberapa bulan terakhir, performa tahunannya menunjukkan peningkatan 93,36% untuk tahun 2023.

Pada akhirnya, kondisi pasar crypto yang fluktuatif menunjukkan bahwa stablecoin tidak selalu stabil seperti namanya. Penurunan nilai Ethereum dan kenaikan Tron memberikan pelajaran bahwa dinamika pasar crypto dapat berubah dengan cepat dan tak terduga.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: