Stablecoin Cardano, Djed, Didukung Lebih Dari 31 Juta Koin ADA

author:

Stablecoin Cardano, Djed, Didukung Lebih Dari 31 Juta Koin ADA

Per 31 Januari 2023, Cardano telah meluncurkan stablecoin algoritmik yang bernama Djed ($DJED) di mainnet-nya, dan dipatok ke USD yang juga didukung oleh cryptocurrency asli Cardano (ADA). Hari ini, tepat 14 hari sejak peluncurannya, bagaimana kabar stablecoin Cardano, Djed?

Djed Mengumpulkan Lebih Dari 31 Juta Koin

Sudah 2 minggu setelah peluncuran mainnet-nya, Stablecoin Djed ($DJED) yang dijaminkan berdasarkan Cardano telah mengumpulkan lebih dari 31 juta koin Cardano (ADA) sebagai dukungan. Dillansir U Today (13/2/23), Djed sekarang memiliki 31.496.011 ADA dalam cadangan dasarnya.

Sumber: Twitter

Berdasarkan cuitan akun Twitter DjedStablecoin, rasio cadangannya adalah 515%, menyiratkan bahwa setiap Djed didukung oleh lebih dari lima kali nilai ADA. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dengan bebas mencetak dan meng-burn Shen dan DJED.

Selain itu, Shen memiliki pasokan yang beredar sebanyak 23,58 juta token dan bernilai 1,09 ADA, sedangkan Djed memiliki pasokan yang beredar sebanyak 2,27 juta token. Sejak peluncurannya, DJED menggunakan SHEN sebagai koin cadangan dan dipatok ke USD, yang juga didukung oleh koin dasar independen ADA.

Mengutip dari laporan U Today, ketika rasio cadangan turun di bawah 400%, platform secara otomatis akan menghentikan burn SHEN dan DJED baru yang akan dicetak, karena tidak ada cukup jaminan sebagai cadangan. Sementara itu, pengguna juga tidak akan dapat mencetak SHEN lagi jika rasionya melebihi 800%, namun jika hal ini terjadi, para pengguna masih dapat mencetak dan burn DJED. Hal ini dikarenakan pengguna bisa melakukan penukaran DJED dalam situasi apa pun.

Baca juga: Susul Cardano, Aave Luncurkan Stablecoin GHO di Ethereum Testnet!

Stablecoin Djed Janjikan Banyak Pengembangan di Tahun 2023

Djed, yang dikembangkan oleh jaringan COTI dan pembangun Cardano, Input Output Global (IOG), telah diluncurkan di mainnet pada 31 Januari 2023 dalam versi 1.1.1. Tak hanya itu, tim mengklaim bahwa tahun 2023 akan ada dua versi lainnya dan akan lebih banyak pengembangan untuk stablecoin overcollaterized.

Pertama, fitur Vasil, seperti skrip referensi akan digunakan di Versi 1.2 untuk meningkatkan skalabilitas. Dan yang kedua adalah Djed 1.3, versi Djed yang diperluas mencakup biaya dan tarif dinamis. Selain itu, skema delegasi yang lebih progresif akan didorong, menyediakan likuiditas yang cukup besar.

Sementara itu, dilansir dari Cryptoglobe (13/2/23), baru-baru ini influencer Cardano yang terkenal sebagai “ADA Whale” juga menyatakan bahwa ada banyak perkembangan menarik yang sedang dipersiapkan Cardano dan proyek-proyek terkait lainnya. Pengembangan ini juga termasuk stablecoin yang didukung kebugaran $USDA, dan bursa terdesentralisasi TeddySwap, yang berjalan di atas stablecoin.


Referensi: