Stablecoin Berbunga Pertama di AS, Terobosan atau Risiko?

Stablecoin Berbunga Pertama di AS, Terobosan atau Risiko?

Apakah kamu siap untuk inovasi terbaru di dunia crypto? Figure Technologies, perusahaan yang didirikan oleh eks CEO SoFi Technologies, Mike Cagney, sedang menggemparkan pasar dengan upaya peluncuran stablecoin berbunga pertama di Amerika Serikat. Ini bukan sekadar stablecoin biasa, tetapi sebuah produk keuangan yang diatur sebagai sekuritas, menjanjikan keamanan dan imbal hasil yang menarik bagi investor. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Langkah Berani Figure Technologies

Figure Technologies tidak main-main dalam memasuki arena crypto. Mereka telah mengajukan permohonan kepada regulator AS untuk mendapatkan persetujuan stablecoin yang memberikan bunga.

Jika berhasil, ini akan menjadi langkah besar bagi perusahaan, karena mereka akan menjadi yang pertama menawarkan stablecoin yang diatur sebagai sekuritas di AS. Figure telah mengambil langkah awal dengan mengajukan draft pernyataan pendaftaran pada bulan Oktober lalu, di bawah nama anak perusahaan Figure Certificate Co.

Stablecoin yang diusulkan ini tidak hanya menarik bagi investor ritel, tetapi juga bagi investor institusional. Figure Markets, divisi aset digital dari Figure, bahkan sedang berusaha mengumpulkan dana sebesar $50 juta dengan valuasi $250 juta.

Meskipun Figure dan Jump Crypto, yang berpotensi menjadi investor utama, belum memberikan komentar, pasar sudah berspekulasi tentang dampak besar yang akan dihasilkan oleh produk ini.

Baca Juga: Penurunan Dominasi Geth di Jaringan Ethereum Memicu Kekhawatiran, Ini yang Terjadi!

Stablecoin dengan Imbal Hasil Menarik

figure technologies
Sumber: Crypto Economy

Berbeda dengan stablecoin lain yang tidak menawarkan bunga dan lebih banyak digunakan untuk transaksi atau transfer aset antar bursa, stablecoin Figure menjanjikan sesuatu yang lebih. Produk ini dirancang untuk memberikan yield yang didukung oleh aset likuid berperingkat investasi.

Stablecoin ini akan dapat dengan cepat dilikuidasi dan digunakan untuk transaksi peer-to-peer, menambah nilai lebih bagi pemegangnya. Setiap stablecoin akan dapat ditukar dengan nilai 1 sen per sertifikat, sehingga untuk pembayaran $1, kamu akan memerlukan 100 sertifikat.

Startup tersebut menambahkan:

“Tertarik pada instrumen yang menawarkan hasil (yield) yang didukung oleh aset likuid berkualitas investasi tinggi, yang dapat disimpan dalam format digital, dilikuidasi dengan cepat jika diperlukan, dan digunakan dalam transaksi antar-pihak (peer-to-peer).”

Bunga akan diakumulasikan setiap hari dan dibayarkan setiap bulan. Dana yang mengendap akan diinvestasikan dalam sekuritas pemerintah, kertas komersial, utang korporat, dan aset lainnya. Calon pemegang stablecoin harus melalui proses kenal pelanggan untuk mendaftar dan mendapatkan stablecoin tersebut.

Baca Juga: Terjadi Penurunan Aktivitas Stablecoin di Amerika Serikat, Apa yang Terjadi?

Prospek dan Tantangan Regulasi

Meskipun proposal Figure sangat menjanjikan, persetujuan dari regulator AS belum pasti dan akan memicu perdebatan lebih lanjut tentang bagaimana stablecoin harus diatur. Upaya sebelumnya oleh pembuat undang-undang AS untuk mengenalkan tagihan tentang stablecoin belum berhasil, namun pengawasan sektor ini telah menjadi prioritas bagi Presiden Joe Biden.

Di sisi lain, Circle, pemain besar lainnya di pasar stablecoin, baru-baru ini mengajukan IPO secara rahasia, menunjukkan bahwa perusahaan crypto terus mencari legitimasi dan pertumbuhan di pasar keuangan tradisional.

Kesimpulan

Dengan langkah berani Figure Technologies, dunia crypto mungkin akan menyaksikan kelahiran produk keuangan yang menggabungkan stabilitas dan imbal hasil. Ini bukan hanya tentang inovasi, tetapi juga tentang bagaimana perusahaan crypto beradaptasi dengan regulasi yang ada untuk memberikan keamanan dan keuntungan bagi investor. Apakah kamu siap menjadi bagian dari revolusi ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi