Ada Steve Aoki, Aplikasi Musik Spotify Lakukan Eksperimen Web3. Bakal Seperti Apa?

author:

Ada Steve Aoki, Aplikasi Musik Spotify Lakukan Eksperimen Web3. Bakal Seperti Apa?

Mulai dirangkul oleh berbagai industri, per 24 Februari 2023, Decrypt melaporkan bahwa aplikasi streaming musik populer, Spotify, telah meluncurkan uji coba playlist atau daftar putar token-gated sebagai eksperimen Web3 terbarunya. Penasaran seperti apa? Simak hingga akhir!

Spotify Sediakan Fitur Token-Enabled Playlist

Spotify Sediakan Fitur Token-Enabled Playlist

Dilansir dari Coingape (23/2/23), baru-baru ini NFT telah dipromosikan di streaming musik Spotify oleh sekelompok artis terpilih, termasuk Steve Aoki dan The Wombats.

Aplikasi musik populer di dunia, Spotify, kini tengah bereksperimen dengan fitur baru yang disebut “token-enabled playlist”, yang memungkinkan pemegang NFT untuk menghubungkan dompet mereka dan mendengarkan musik yang dikurasi.

Mengutip laporan Coingape, layanan baru Spotify ini hanya dapat diakses oleh pemilik token komunitas Fluf, Moonbirds, Kingship, dan Overlord. Selama periode pengujian tiga bulan ke depan, daftar putar yang dikurasi akan diperbarui secara berkala dan hanya dapat diakses oleh anggota komunitas melalui tautan unik.

Mengutip dari Cointelegraph (23/2/23), pasar musik tetap menjadi salah satu area yang berkembang dalam menadopsi crypto. Pada akhir Januari 2023 lalu, platform podcasting bernilai tinggi, Fountain, juga telah mengumumkan kemitraan dengan Zebedee untuk memungkinkan Bitcoin sebagai pembayaran mikro untuk pendengar podcast. Pada bulan Februari 2023 ini, hak royalti dari lagu hit Rhianna tahun 2015, “Bitch Better Have My Money”, ditawarkan sebagai bagian dari koleksi 300 NFT. Penasaran? Baca lebih lanjut di Terjual Rp958 Juta, Produser Lagu Rihanna Jual Royalti Lagu Andalan Sebagai NFT!

NFT Creepz Dapat Menghubungkan Dompet Web3 ke Spotify

NFT Creepz Spotify

Sumber: Twitter

Menyambut hal ini, akun Twitter resmi milik Overlord telah membagikan pengumuman akan adanya eksperimen NFT di Spotify pada 23 Februari 2023 lalu.

Overlord, yang terkenal dengan dunia game dan media Web3, mengumumkan bahwa pemegang proyek NFT Creepz bertema kadal dapat menghubungkan dompet Web3 mereka ke Spotify. Dengan demikian, mereka dapat mengakses daftar putar “Invasion” yang dikuratori oleh komunitas. Overlord menyatakan bahwa uji coba saat ini hanya tersedia untuk pengguna Android yang berada di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Australia, dan Selandia Baru.

Baca juga: Ramal Crypto Winter Akan Berakhir, Bank Terbesar di Jerman Ini Tambahkan Layanan Crypto

NFT Band KINGSHIP Bikin Token-Gated Playlist

Tak hanya Overlord, akun Twitter resmi milik KINGSHIP juga membagikan cuitan terkait eksperimen baru Spotify pada 23 Februari 2023.

Sumber: Twitter

Dalam cuitannya, NFT Band KINGSHIP dari Universal Music Group juga mengungkapkan bahwa mereka telah membuat token-gated playlist untuk pemegang NFT yang menyertakan lagu-lagu dari Led Zeppelin, Queen, Missy Eliott, Snoop Dogg, dan Missy Eliott.

Apoorv Lathey, pengembang utama protokol likuiditas NFT NFTX, men-tweet screenshot-an dari uji coba tersebut, dan mengajak para pengguna untuk mengakses playlist yang dikurasi untuk KINGSHIP di Spotify.

Meski begitu, hingga saat ini, Spotify belum memberikan informasi tambahan tentang rencana masa depan untuk memperluas fitur tersebut. Dilansir dari Cointelegraph, sebelum adanya eksperimen ini, pada Mei 2022 lalu, Spotify telah mulai menguji galeri NFT di profil musisi. Meskipun tanpa opsi pembelian langsung, eksperimen tersebut memungkinkan pengguna melihat pratinjau NFT artis dan diarahkan ke halaman OpenSea tempat mereka dapat membeli item NFT.


Referensi: