Spot Ethereum ETF: Bakal Disetujui atau Ditolak?

Spot Ethereum ETF: Bakal Disetujui atau Ditolak?

Ethereum (ETH) menjadi sorotan setelah cryptocurrency terbesar kedua ini berhasil melampaui Bitcoin (BTC) dalam hal kapitalisasi pasar. Kini, para investor dan trader tengah menantikan kabar baik mengenai persetujuan spot Ether ETF oleh Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat. Namun, apakah persetujuan ini akan segera terwujud atau justru menemui jalan buntu? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Persetujuan Spot Ethereum ETF: Tantangan dan Peluang

data ethereum spot etf
Sumber: CCdata

Proses persetujuan spot Ethereum ETF diperkirakan akan menghadapi tantangan yang sama seperti yang dialami spot Bitcoin ETF sebelumnya. Brian Evans, CEO BDE Ventures, meyakini bahwa persetujuan spot Ethereum ETF pada akhirnya akan terjadi, meskipun membutuhkan waktu yang lama dan proses hukum yang rumit.

Salah satu faktor krusial yang akan memengaruhi persetujuan spot Ethereum ETF adalah klasifikasi Ethereum itu sendiri. Jika Ethereum dikategorikan sebagai sekuritas, maka hal ini dapat memperumit proses persetujuan.

Pasalnya, klasifikasi sebagai sekuritas akan membawa Ethereum di bawah pengawasan ketat SEC, yang dapat berdampak pada keberlangsungan proyek Ethereum itu sendiri.

Baca Juga: Staking ETH Sendiri: Kunci Menuju Kekayaan Generasi Atomik

Dampak Klasifikasi Ethereum terhadap Persetujuan ETF

Ketua SEC, Gary Gensler, sebelumnya telah menyatakan bahwa cryptocurrency yang menawarkan staking dapat dianggap sebagai sekuritas. Jika Ethereum diklasifikasikan sebagai sekuritas, maka hal ini akan berdampak signifikan pada persetujuan spot Ether ETF.

Klasifikasi sebagai sekuritas akan mengharuskan Ethereum untuk mematuhi peraturan yang lebih ketat, termasuk pengawasan SEC yang lebih intens. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan ekosistem Ethereum, serta menimbulkan ketidakpastian yang besar bagi para investor dan trader.

Baca Juga: Harga ETH Diprediksi Tembus $4.000 Jika ETF Ethereum Disetujui, Simak Analisisnya!

Perkiraan Timeline Persetujuan Spot Ether ETF

Para ahli dan analis memiliki pandangan yang beragam mengenai timeline persetujuan spot Ethereum ETF. Deutsche Bank memperkirakan bahwa spot Ethereum ETF pertama akan disetujui pada tanggal 23 Mei 2023. Sementara itu, TD Cowen memperkirakan bahwa persetujuan baru akan terjadi pada tahun 2025 atau 2026.

Perbedaan pandangan ini menunjukkan bahwa masih terdapat ketidakpastian yang tinggi mengenai kapan spot Ethereum ETF akan disetujui. Faktor-faktor politik dan regulasi diperkirakan akan memainkan peran penting dalam menentukan timeline persetujuan.

Kesimpulan

Persetujuan spot Ethereum ETF masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Tantangan yang dihadapi Ethereum dalam hal klasifikasi dan regulasi dapat memengaruhi proses persetujuan. Meskipun demikian, para investor dan trader tetap optimis bahwa spot Ethereum ETF pada akhirnya akan disetujui, membuka peluang baru bagi investasi dan perdagangan Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi