Apakah ETF Bitcoin Spot Akan Disetujui SEC? Spekulasi Hangat Pasar Crypto

Apakah ETF Bitcoin Spot Akan Disetujui SEC? Spekulasi Hangat Pasar Crypto

Kabar terbaru dari dunia crypto menggemparkan pasar dengan spekulasi mengenai keputusan SEC terhadap ETF Bitcoin spot. Analis dan investor menunggu dengan penuh antisipasi, sementara argumen pro dan kontra terus bermunculan. Apakah SEC akan memberikan lampu hijau, ataukah kita akan menyaksikan penolakan yang dapat mengguncang nilai Bitcoin?

Harapan Tinggi Terhadap Persetujuan ETF

harapan persetujuan etf
Sumber: Akun X James Seyffart

Analis ETF dari Bloomberg, Eric Balchunas, bersama James Seyffart, memperkirakan peluang persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC sebesar 90% pada tanggal 10 Januari. Namun, mereka tidak meningkatkan peluang tersebut karena kemungkinan SEC membutuhkan “waktu lebih”.

Balchunas menekankan bahwa penolakan penuh kemungkinan kecil, mengingat usaha besar yang telah dilakukan oleh pihak-pihak terkait. Vetle Lunde dari K33 Research juga optimis, namun dengan peluang penolakan yang lebih rendah, yaitu 5%. Jika SEC benar-benar menolak, Balchunas percaya bahwa penerbit dana mungkin akan mengikuti langkah Grayscale dengan mengajukan gugatan terhadap regulator.

Baca Juga: Terobosan Baru di Pasar Keuangan, ETF Bitcoin Spot Siap Mengguncang Dunia Investasi!

SEC dan Necessitas Politik

surat penolakan etf bitcoin
Surat terbaru kepada SEC meminta agar ETF Bitcoin spot ditolak. Sumber: SEC

TD Cowen, bank investasi terkemuka, menyatakan bahwa SEC akan menyetujui ETF Bitcoin spot sebagai “necessitas politik”. Menurut mereka, SEC perlu memperkuat perannya sebagai regulator crypto sebelum Kongres mempertimbangkan legislasi crypto yang lebih luas. Mereka juga berpendapat bahwa SEC tidak ingin kalah dalam tantangan hukum terkait penolakan ETF Bitcoin.

Sementara itu, harga Bitcoin telah mengalami kenaikan karena optimisme pasar terhadap persetujuan ETF Bitcoin spot. Harga Bitcoin saat ini berada di sekitar $45.000, dengan harapan bahwa persetujuan tersebut akan membawa investasi institusional tambahan ke industri crypto.

Baca Juga: Market Merah, Ada Apa dengan Crypto Hari Ini (4/1/24)? Simak 3 Faktor Utamanya!

Prediksi Pasar Jika Penolakan Terjadi

Matrixport, perusahaan layanan keuangan crypto, memprediksi bahwa panel SEC yang didominasi oleh Partai Demokrat akan menolak semua aplikasi ETF Bitcoin spot. Hal ini dapat menyebabkan koreksi harga ke bawah. Gary Gensler, ketua SEC, dikenal dengan pendekatan ketatnya terhadap regulasi crypto dan dianggap tidak akan mengesahkan Bitcoin sebagai alternatif penyimpanan nilai.

Prediksi harga Bitcoin oleh CryptoQuant menunjukkan bahwa keuntungan yang belum direalisasi yang tinggi dapat menyebabkan Bitcoin turun ke $32.000 pada akhir Januari. Meskipun memiliki pandangan bearish terhadap persetujuan ETF, Matrixport memprediksi bahwa Bitcoin akan berakhir lebih tinggi pada akhir 2024 dibandingkan bulan ini.

Kesimpulan

Dengan berbagai prediksi dan analisis yang beredar, pasar crypto saat ini berada di tepi kursi, menantikan keputusan SEC yang akan menentukan arah masa depan Bitcoin. Apakah ini akan menjadi titik balik bagi adopsi crypto secara luas, ataukah kita akan menyaksikan penundaan lain dalam penerimaan crypto oleh lembaga keuangan tradisional?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: