Bitcoin Fork Bakal Terjadi di 2024? Ini Tanggapan Komunitas Crypto!

Bitcoin Fork Bakal Terjadi di 2024? Ini Tanggapan Komunitas Crypto!

Kabar terbaru dari dunia crypto menggemparkan para pengguna Bitcoin. Isu tentang kemungkinan terjadinya fork Bitcoin semakin santer terdengar, dipicu oleh perdebatan mengenai penggunaan ruang blok dan tren Ordinal inscriptions yang membebani jaringan. Apakah ini pertanda akan terjadinya perpecahan besar di tahun 2024?

Debat Sengit di Media Sosial

jimmy song fork bitcoin
Sumber: Akun X Jimmy Song

Media sosial platform X menjadi ajang perdebatan hangat mengenai masa depan Bitcoin. Pengguna Bitcoin terbagi menjadi dua kubu, satu yang mendukung Ordinal inscriptions dan satu lagi yang menentangnya.

Kedua kubu ini sama-sama berargumen tentang efek dari inskripsi ini terhadap ruang blok dan biaya transaksi yang meningkat. Diskusi ini semakin memanas dengan adanya backlog transaksi Bitcoin yang mencapai 291.660 transaksi belum terkonfirmasi per tanggal 23 Desember 2023.

Biaya transaksi saat ini berada di angka 81 satoshi per byte virtual (sat/vB) atau setara dengan $4,97 per transaksi. Angka ini menurun dari biaya yang sempat melonjak hingga 674 sat/vB atau $40 per transaksi pada 16 Desember 2023.

Baca Juga: 5 Crypto Naik Hari Ini (26/12/23), Osmosis (OSMO) Meroket 61,17%!

Ordinal Inscriptions: Inovasi atau Spam?

Ordinal inscriptions menjadi topik yang kontroversial di kalangan pengguna Bitcoin. Sebagian melihatnya sebagai bentuk inovasi yang memperkaya ekosistem Bitcoin, sementara yang lain menganggapnya sebagai spam yang tidak perlu. Inscriptions ini memungkinkan data tambahan untuk “ditulis” ke dalam transaksi Bitcoin, namun hal ini juga berarti memakan lebih banyak ruang blok.

Kritikus Ordinal inscriptions menyebutnya sebagai serangan terhadap jaringan, dengan mengklaim bahwa inskripsi ini memenuhi blok dengan data yang tidak esensial. Mereka khawatir bahwa hal ini akan mengakibatkan peningkatan biaya transaksi dan memperlambat proses konfirmasi transaksi, yang pada akhirnya dapat merugikan pengguna Bitcoin secara keseluruhan.

Baca Juga: Spot Bitcoin ETF Berpotensi Ubah Lanskap Keuangan!

Potensi Fork Bitcoin di 2024

Spekulasi tentang potensi fork Bitcoin di tahun 2024 semakin menguat seiring dengan perdebatan yang tidak kunjung usai. Fork ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin memisahkan diri dari masalah yang diakibatkan oleh Ordinal inscriptions. Namun, fork juga bisa menimbulkan perpecahan yang mendalam di komunitas Bitcoin.

Pembahasan tentang fork ini masih dalam tahap awal, dan belum ada pengumuman resmi yang dibuat. Namun, jika fork ini benar-benar terjadi, ini akan menjadi salah satu peristiwa paling signifikan dalam sejarah Bitcoin. Komunitas Bitcoin perlu mempertimbangkan dengan matang setiap keputusan yang akan diambil, karena dampaknya akan sangat besar bagi masa depan crypto.

Perdebatan tentang Ordinal inscriptions dan potensi fork Bitcoin menunjukkan betapa dinamisnya dunia crypto. Apapun hasil akhir dari diskusi ini, satu hal yang pasti: perubahan besar mungkin akan terjadi di ekosistem Bitcoin, dan kamu perlu siap menghadapi segala kemungkinan yang ada.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: