5 Proyek Spatial Computing Crypto Paling Dinanti 2024

author:

5 Proyek Spatial Computing Crypto Paling Dinanti 2024

Bayangkan kamu berjalan di dunia yang setiap sudutnya bisa kamu rancang, ubah, dan nikmati secara digital. Itulah janji dari Spatial Computing, sebuah revolusi teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan virtual.

Artikel ini akan mene apa itu Spatial Computing, bagaimana konsep ini berperan dalam industri crypto dan Web3, serta proyek-proyek menarik yang patut kamu perhatikan di tahun 2024 ini!

Apa itu Spatial Computing?

prinsip spatial computing

(Sumber: markovate.com)

Spatial Computing adalah teknologi yang memungkinkan interaksi manusia dengan mesin di mana mesin tersebut dapat memanipulasi referensi ke objek dan ruang nyata. Ini adalah langkah besar selanjutnya dalam evolusi internet, di mana seseorang dapat berinteraksi dengan data 3D dan mengendalikan lingkungan digital dengan cara yang sama seperti kamu berinteraksi dengan dunia nyata.

Spatial Computing menggabungkan berbagai komponen seperti IoT, digital twins, ambient computing, augmented reality (AR), virtual reality (VR), AI, dan kontrol fisik untuk menciptakan pengalaman yang benar-benar imersif.

Dengan teknologi ini, seseorang bisa mengontrol lampu hanya dengan berjalan ke dalam ruangan atau menggunakan jaringan kamera 3D untuk memodelkan proses pabrik. Mereka bisa berinteraksi dengan aplikasi Spatial Computing melalui layar yang tertanam pada perangkat fisik, headset VR yang mencerminkan dunia fisik, atau perangkat mixed reality yang menumpangkan data ke pandangan dunia fisik kamu.

Baca juga: Microsoft Rilis “Phi-2”: Kecil Tapi Kuat, AI yang Mengguncang Dunia Teknologi!

Adopsi Spatial Computing pada Industri Crypto dan Web3

Spatial Computing tidak hanya mengubah cara manusia bermain dan bekerja, tetapi juga memiliki dampak signifikan pada industri crypto dan Web3. Dengan mengintegrasikan teknologi blockchain, Spatial Computing membuka peluang baru dalam tokenisasi aset, pengembangan komunitas yang lebih erat, dan penciptaan pengalaman gaming yang lebih nyata.

  • Real Estate: Spatial Computing memungkinkan siapapun untuk memvisualisasikan struktur bangunan sebelum dibangun, dan ketika dikombinasikan dengan blockchain, memperkenalkan konsep tokenisasi properti.
  • Social Networking (DAOs): Komunitas blockchain yang kuat dapat memanfaatkan Spatial Computing untuk menciptakan pengalaman sosial yang lebih kaya dan terhubung.
  • Web3 Gaming: Spatial Computing meningkatkan pengalaman bermain game di metaverse dengan menciptakan dunia virtual yang memiliki elemen dunia nyata.
  • Education & Training: Menggunakan Spatial Computing untuk pendidikan dapat membantu menjembatani kesenjangan pengetahuan tentang blockchain dan cryptocurrency.
contoh spatial computing

(Sumber: miro.medium.com)

5 Proyek Crypto Spatial Computing yang Menarik Perhatian di 2024

Tahun 2024 menjanjikan pertumbuhan yang signifikan dalam proyek-proyek crypto yang menggunakan Spatial Computing. Berikut adalah beberapa proyek yang patut kamu perhatikan:

  • Decentraland (MANA): Sebuah dunia virtual yang sepenuhnya dimiliki oleh penggunanya, di mana mereka dapat membeli, menjual, dan mengembangkan properti virtual.
  • CEEK VR (CEEK): Platform yang menawarkan pengalaman hiburan virtual, memungkinkan pengguna untuk menghadiri konser dan acara dalam VR.
  • Highstreet (HIGH): Menggabungkan e-commerce dengan gaming dalam sebuah metaverse, di mana pengguna dapat berbelanja dan bermain dalam satu lingkungan yang terintegrasi.
  • Victoria (VR): Proyek yang berfokus pada penciptaan aset digital dan pengalaman VR yang dapat dimonetisasi.
  • Netvrk (NTVRK): Sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan, berbagi, dan menjual konten VR mereka sendiri.

Baca juga: Singapura Bakal Hadirkan 15.000 Ahli AI Baru, Apa Alasannya?

Spatial Computing, Web3, dan teknologi blockchain adalah tiga teknologi yang sedang berkembang dan memiliki potensi untuk merevolusi cara kita berinteraksi dengan dunia digital.

Dengan menggabungkan pengalaman imersif dari Spatial Computing dengan sifat desentralisasi dan keamanan dari Web3 dan blockchain, kita dapat menciptakan aplikasi baru dan inovatif yang akan mengubah cara kita hidup, bekerja, dan bermain. Luar biasa, bukan?

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi