Spanyol Siap Gempur Crypto dan NFT dengan Reformasi Pajak Baru

author:

Spanyol Siap Gempur Crypto dan NFT dengan Reformasi Pajak Baru

Kementerian Keuangan Spanyol bersiap untuk meningkatkan wewenangnya dalam menyita aset crypto dan non-fungible token (NFT) sebagai bagian dari reformasi pajak baru.

Langkah ini menandai upaya terbaru oleh pemerintah Spanyol untuk memperketat pengawasan dan pengendalian atas pasar crypto dan NFT, yang semakin berkembang.

Peningkatan Wewenang Penyitaan

cbdc spanyol
Sumber: Finbold

Reformasi yang diusulkan terutama berfokus pada Pasal 162 dari Hukum Pajak Umum, yang bertujuan untuk memberikan wewenang lebih kepada agen pajak lokal untuk menyita cryptocurrency dan koleksi digital dalam pengejaran kewajiban pajak yang tertunggak.

Baca juga: Uang Digital Baru Spanyol: EURM, Stablecoin Berbasis Euro yang Siap Mengubah Transaksi Digital

Selain itu, ada pertimbangan untuk penyesuaian pada Peraturan Pengumpulan Umum untuk mempermudah proses pemberlakuan embargo pada aset crypto.

Kewajiban Deklarasi Aset Crypto

Menariknya, individu dan bisnis di Spanyol kini diwajibkan untuk mengungkapkan kepemilikan cryptocurrency mereka di luar negeri, sebuah kewajiban baru yang diperkenalkan tahun ini.

Namun, detail spesifik mengenai jadwal implementasi reformasi yang diusulkan ini belum disediakan dalam laporan tersebut.

Baca juga: Hong Kong Beri Batas Waktu Bagi Investor Crypto, Untuk Apa?

Komitmen Spanyol terhadap Regulasi

Langkah Kementerian Keuangan Spanyol ini datang setelah peningkatan upaya untuk menegakkan kepatuhan pajak cryptocurrency.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, regulator pajak Spanyol mengeluarkan lebih dari 325.000 peringatan kepada penduduk yang gagal menyatakan cryptocurrency mereka pada tahun 2023, mencerminkan lonjakan substansial dari 150.000 peringatan yang dikeluarkan pada tahun sebelumnya.

Reformasi terbaru ini menandakan komitmen Spanyol untuk pengawasan dan regulasi yang kuat terhadap pasar crypto dan NFT yang berkembang di dalam wilayahnya.

Dengan meningkatnya pengawasan ini, Spanyol berusaha untuk memastikan bahwa semua aset digital dideklarasikan dan dikenai pajak sesuai dengan hukum yang berlaku, sekaligus memberikan perlindungan terhadap potensi penyalahgunaan dan penghindaran pajak dalam ekosistem digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: