Spanyol: Meski Digital Euro Tidak Terlalu Mendesak, Pekerjaan Harus Terus Berlanjut!

author:

Spanyol: Meski Digital Euro Tidak Terlalu Mendesak, Pekerjaan Harus Terus Berlanjut!

Dalam dunia keuangan yang terus berubah, Euro Digital menjadi topik hangat yang menarik perhatian banyak pihak. Meski dianggap tidak mendesak, proyek ini terus berlanjut dengan berbagai pertimbangan yang mendalam.

Pertimbangan Mendalam di Balik Euro Digital

gurbenur bank sentral spanyol
Pablo Hernández de Cos – Sumber: Europa Press

Pablo Hernández de Cos, Gubernur Bank Spanyol, menekankan bahwa meskipun sistem pembayaran Eropa dan Spanyol sudah “sangat efisien”, pentingnya proyek Euro Digital tidak bisa diabaikan. Namun, ia juga menyadari bahwa inisiatif ini menimbulkan banyak pertanyaan, baik bagi masyarakat umum maupun industri keuangan. Karena itu, pihaknya terus menganalisis proyek ini dengan sangat hati-hati.

Baca juga: Mayoritas Penduduk Spanyol Menolak Euro Digital, Apa Alasannya?

Kritik politik terhadap mata uang digital bank sentral Uni Eropa termasuk teori konspirasi bahwa ini akan digunakan sebagai alat untuk memperkuat kontrol negara. Hernández de Cos menegaskan bahwa desain CBDC harus meminimalisir risiko terhadap stabilitas keuangan dan kebijakan moneter.

Langkah Hati-Hati dalam Pengembangan

Meskipun ada kekhawatiran, Hernández de Cos menegaskan bahwa pekerjaan pada Euro Digital tidak harus berhenti. Pada bulan November, proyek ini memasuki “fase persiapan”, di mana ECB akan menyelesaikan buku aturan dan memilih penyedia untuk mengembangkan platform untuk menjalankan tes.

Kerja sama antara bank sentral dan industri keuangan dianggap penting untuk memastikan bahwa sistem pembayaran, yang krusial bagi kesejahteraan masyarakat, tidak terancam. Oleh karena itu, semua upaya Eurosystem, baik masa lalu maupun masa depan, dianggap sepenuhnya dibenarkan.

Baca juga: Belgia Siap Guncang Dunia dengan Proyek Blockchain Baru!

Masa Depan Euro Digital

Christine Lagarde, Kepala ECB, menyatakan pada bulan September bahwa Euro Digital setidaknya masih dua tahun lagi untuk direalisasikan. Ini menunjukkan bahwa meskipun proyek ini penting, masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum Euro Digital dapat diimplementasikan secara efektif.

Pendekatan berhati-hati ini mencerminkan kesadaran akan dampak yang dapat ditimbulkan oleh pengenalan mata uang digital baru di pasar global. Dengan demikian, langkah-langkah yang diambil harus mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari stabilitas keuangan hingga privasi pengguna.

Dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh Euro Digital, penting bagi semua pihak untuk mempertimbangkan pro dan kontra dengan cermat. Meskipun tidak mendesak, proyek Euro Digital tetap menjadi langkah penting dalam evolusi sistem keuangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: