Terobosan Baru! Spanyol Akan Terapkan Regulasi Crypto Lebih Cepat dari Batas Waktu Uni Eropa!

Terobosan Baru! Spanyol Akan Terapkan Regulasi Crypto Lebih Cepat dari Batas Waktu Uni Eropa!

Spanyol, negara yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, kini menjadi sorotan dalam dunia digital. Negara ini berencana untuk menerapkan regulasi crypto Uni Eropa, MiCA, lebih cepat dari batas waktu yang ditentukan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Langkah Cepat Spanyol dalam Menerapkan MiCA

Spanyol telah menunjukkan ambisi besar dalam menerapkan MiCA, dengan merencanakan penerapan penuh pada Desember 2025. Keputusan ini diambil setelah pertemuan antara wakil presiden pertama Spanyol, Nadia Calviño, dan presiden Otoritas Pasar dan Sekuritas Eropa, Verena Ross.

Spanyol berencana untuk memperpendek periode transisi menjadi hanya 18 bulan, dibandingkan dengan periode 36 bulan yang diberikan kepada semua negara anggota Uni Eropa.

Dalam pengumuman resmi, Spanyol menjelaskan bahwa penerapan MiCA yang dipercepat bertujuan untuk meningkatkan jaminan hukum dan meningkatkan keamanan bagi investor Spanyol yang terlibat dalam aset ini. Ini menunjukkan dedikasi negara ini dalam mendorong ekosistem crypto yang aman dan diatur dengan baik.

Baca Juga: Awal Baru Pasar Modal Eropa, Securitize Mulai Tokenisasi Aset di Spanyol

Dampak bagi Dunia Crypto di Spanyol dan Eropa

mica di eropa
Sumber: Finance Magnates

Pendekatan proaktif Spanyol terhadap MiCA mencerminkan minat yang meningkat dalam regulasi dan pengawasan aset dan layanan crypto, tidak hanya di dalam negeri tetapi di seluruh Eropa. MiCA adalah kerangka kerja pertama di dunia untuk aset crypto, yang mencakup baik penerbit maupun penyedia layanan.

Secara khusus, kerangka kerja ini menetapkan standar untuk entitas hukum yang menerbitkan aset crypto, dengan memperkenalkan aturan prudensial, tata kelola, dan perlindungan investor. Selain itu, penyedia layanan aset crypto, seperti platform pertukaran dan layanan penyimpanan, akan diharuskan untuk mematuhi aturan yang serupa dengan yang mengatur penyedia layanan keuangan tradisional di bawah MiFID.

Dengan Spanyol mempercepat MiCA, ini mengirimkan pesan yang jelas tentang kesediaan negara ini untuk merangkul lanskap yang berkembang dari cryptocurrency dan aset digital. Selain itu, ini juga menetapkan preseden bagi negara-negara anggota Uni Eropa lainnya untuk mempercepat adopsi MiCA, memperkuat posisi benua ini sebagai pelopor dalam regulasi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: