Spacemesh: Membuka Akses Crypto untuk Semua Orang dan Menjawab Tantangan Lingkungan!

Spacemesh: Membuka Akses Crypto untuk Semua Orang dan Menjawab Tantangan Lingkungan!

Spacemesh, protokol layer-1 berbasis bukti ruang-waktu, berambisi untuk merubah dunia crypto dengan memberikan akses kepada komunitas muda dan kurang mampu yang sering kali menghadapi hambatan masuk yang tinggi. Dengan pendekatan inovatifnya, Spacemesh berusaha menjawab tantangan lingkungan dan distribusi yang sering kali menjadi isu dalam dunia crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Spacemesh: Membuka Akses Crypto untuk Semua Orang

protokol spacemesh
Sumber: The Daily Hodl

Spacemesh adalah protokol layer-1 yang mulai dikembangkan lima tahun lalu dengan tujuan menciptakan pendekatan yang berbeda untuk protokol blockchain L1. Fokus utamanya adalah menciptakan jaringan tanpa izin yang sangat terdesentralisasi.

Spacemesh berusaha membuktikan bahwa produksi blok yang sangat terdesentralisasi adalah mungkin, menguntungkan untuk semua penambang, dan berkelanjutan. Spacemesh juga telah meluncurkan “The People’s Coin” pada Juli lalu. Meski masih dalam tahap “beta”, respon yang diterima sangat luar biasa.

Dalam waktu tiga bulan, sudah ada 50.000 penambang yang bergabung. Meski pertumbuhan cepat ini membawa beberapa tantangan, Spacemesh telah berhasil melakukan peningkatan signifikan dalam hal lalu lintas jaringan.

Baca Juga: Gak Disangka, Protokol Blockchain Layer 2 Berpotensi Lampaui ETH Berkat Upgrade Ethereum Shanghai!

Spacemesh dan Tantangan Lingkungan Crypto

Salah satu tantangan utama dalam dunia crypto adalah konsumsi energi yang tinggi. Spacemesh menanggapi tantangan ini dengan mengadopsi proof of space time (PoSTs), pendekatan baru yang menggantikan kerja CPU yang intensif energi dengan penyimpanan disk yang efisien energi.

Dengan demikian, partisipasi dalam crypto menjadi lebih inklusif dan ramah lingkungan. Selain itu, Spacemesh juga berusaha menjawab tantangan distribusi. Dengan memastikan bahwa sebanyak mungkin orang, dari berbagai tempat, dapat bergabung dalam jaringan dan mendapatkan koin Spacemesh. Spacemesh berusaha membuat koinnya tersedia dalam kehidupan sehari-hari orang, bukan hanya sebagai penyimpan nilai.

Meski tantangan yang dihadapi industri crypto cukup besar, optimis seperti Spacemesh melihat potensi tak terbatas. Dengan pendekatan yang berbeda dan inovatif, Spacemesh berusaha membuka akses crypto untuk semua orang dan menjawab tantangan lingkungan yang ada.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: