Gandeng 13 Seniman Digital Terkemuka, Sotheby’s Luncurkan Pasar NFT Sekunder On-Chain!

Gandeng 13 Seniman Digital Terkemuka, Sotheby’s Luncurkan Pasar NFT Sekunder On-Chain!

Auction house atau rumah lelang seni Sotheby’s memperluas penawaran seni non-fungible token (NFT) melalui peluncuran pasar sekunder peer-to-peer yang dikurasi secara khusus.

Melalui cabang Web3-nya, Sotheby’s Metaverse sekarang akan menawarkan transaksi langsung antar kolektor di platformnya.

Sistem penjualan terintegrasi akan sepenuhnya on-chain melalui jaringan Ethereum dan Polygon, dan pengguna dapat membayar dengan token asli ETH atau MATIC. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Sotheby’s Metaverse Menghormati Royalti Kreator

sotheby's metaverse
Sumber: Akun Twitter Sotheby’s Metaverse

Dilansir dari Coindesk, Sotheby’s Metaverse mengatakan bahwa mereka akan terus menghormati royalti kreator melalui smart-contract di platform penjualan kembali yang secara otomatis membayar kreator sesuai dengan tingkat royalti on-chain yang mereka pilih.

“Komitmen Sotheby untuk menghormati royalti artis muncul di tengah perdebatan yang lebih besar tentang royalti dalam komunitas NFT, dan menandakan etos artis-pertama Sotheby sebagai salah satu dari satu-satunya pasar NFT utama yang berkomitmen untuk royalti penjualan kembali artis,” kata platform tersebut dalam siaran pers, dikutip dari Coindesk, Selasa (2/5/2023).

Baca Juga: Naskah ‘Snow Crash’ Pencipta Istilah Metaverse Akan Dilelang Hingga Rp900 Juta!

Pasar NFT Sekunder Sotheby’s Hadirkan Karya-Karya dari 13 Seniman Digital

pasar nft sekunder sotheby's
Karya Seni Generatif “Casco Viejo” oleh IX Shells. Sumber: Sotheby’s

Seniman yang ditampilkan di pasar sekunder Sotheby’s akan bergilir setiap beberapa bulan. Platform ini akan diluncurkan dengan karya-karya dari 13 seniman digital terkemuka, termasuk Tyler Hobbs, Claire Silver, XCOPY, Diana Sinclair, Pindar van Arman, dan lainnya.

“Kesempatan untuk memperluas Sotheby’s Metaverse dengan pasar peer-to-peer yang sepenuhnya on-chain merupakan langkah maju yang penting dalam evolusi kami dalam seni digital dan ruang koleksi,” kata Michael Bouhanna, wakil presiden Sotheby’s dan kepala NFT dan seni digital dalam siaran pers.

“Untuk memperingati acara ini dengan membuka pasar sekunder kami untuk sekelompok seniman yang dipilih, banyak di antaranya telah berada di garis depan gerakan ini dan membawa seni digital menjadi perhatian dunia, semakin menekankan komitmen Sotheby’s kepada komunitas NFT dan untuk menciptakan ruang bagi para kolektor yang cerdas,” tambahnya.

Menurut Coindesk, Sotheby’s pertama kali terjun ke NFT pada April 2021 dan telah menghasilkan lebih dari $120 juta yang setara dengan Rp1,7 triliun (kurs $1 = Rp14.700) dalam total penjualan NFT.

Sotheby’s Metaverse juga berencana untuk meluncurkan galeri seni digital melalui platform Metaverse Oncyber pada bulan Juni 2023, dengan berbagai ruangan yang dikuratori oleh seniman dan kolektor yang berbeda, termasuk Cozomo De Medici yang menggunakan nama samaran.

Sebelumnya, pada awal Maret 2023, Sotheby’s berkolaborasi dengan Unicorn DAO untuk melakukan lelang NFT “My Body, My Business”. Baca berita lengkapnya di Rayakan Hari Perempuan Internasional, Sotheby’s dan UnicornDAO Lakukan Lelang NFT “My Body, My Business”!

Referensi: