Gas Fee Ethereum Naik 54%, Upgrade Ethereum Shanghai Solusinya?

Gas Fee Ethereum Naik 54%, Upgrade Ethereum Shanghai Solusinya?

Saat kapitalisasi pasar Ethereum meningkat 27% terhadap dolar AS, rata-rata biaya gas Ethereum juga ikut meningkat lebih dari 50%. Pada hari pertama tahun 2023, biaya rata-rata gas untuk transaksi Ether adalah sekitar $2,93 per transfer atau setara dengan Rp44 ribu ($1 = Rp15.167).

Apa yang memicu kenaikan biaya gas Ethereum ini dan apa dampaknya bagi investor? Simak informasinya seperti dilansir laman The Bit Times berikut ini.

Biaya Transaksi Ethereum Naik 54% dalam 18 Hari

Transfer Ethereum (ETH) menjadi lebih mahal karena nilai aset crypto ini telah meningkat pesat hingga mencapai lebih dari 10% selama 14 hari terakhir. Saat nilai Ethereum terhadap dolar AS meningkat, biaya untuk memindahkan Ether dan token ERC-20 lainnya juga meningkat.

Baca Juga: Ethereum Akan Segera Miliki 100 Juta Address! Harga Ethereum Bisa Meroket di 2023?

Data dari bitinfocharts.com menunjukkan bahwa pada 1 Januari 2023, rata-rata biaya gas Ether adalah Rp44 ribu per transaksi. Setelah itu, pada 18 Januari 2023, biaya rata-rata untuk mengirim Ethereum melonjak 54% lebih tinggi menjadi $4,52 per transaksi atau setara dengan Rp68 ribu.

Rata-rata Biaya On-chain Ethereum Melonjak 84%

Rata-rata Biaya On-chain Ethereum Melonjak 84%
Coinpedia

Pada hari pertama tahun 2023, median-sized Ethereum chart yang dirilis bitinfocharts.com menunjukkan biaya on-chain berada di angka sekitar $1,06 per transfer atau setara dengan Rp16 ribu untuk mengirim ethereum.

Pada 18 Januari 2023, chart yang sama menunjukkan biaya on-chain Ethereum telah meningkat menjadi 0,0013 ETH per transfer atau sekitar Rp29,6 ribu menggunakan nilai tukar Ether saat ini. Itu berarti, rata-rata biaya Ethereum telah melonjak 84% sejak 1 Januari 2023.

Bagaimana developer Ethereum menaggapi kenaikan biaya gas di jaringan blockchain ini? Setelah The Merge selesai dilakukan pada 15 September 2022 yang lalu, Ethereum akan menjalani upgrade selanjutnya yang dikenal sebagai upgrade Ethereum Shanghai.

Upgrade Ethereum Shanghai ini dilaporkan akan menyelidiki beberapa masalah Ethereum yang signifikan dengan memodifikasi format objek EVM (Ethereum Virtual Machine).

Upgrade ini juga diandalkan developer Ethereum untuk atasi biaya gas yang tinggi. Kapan jadwal upgrade Ethereum Shanghai ini dirilis? Simak infromasi selengkapnya mengenai Upgrade Ethereum Shanghai Rilis Februari 2023 di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: