Transfer Stablecoin Blockchain Solana Cetak Rekor, Tembus $300 Miliar!

author:

Transfer Stablecoin Blockchain Solana Cetak Rekor, Tembus $300 Miliar!

Sebuah gebrakan di sektor keuangan digital terjadi ketika blockchain Solana mencatat rekor baru dengan volume transaksi stablecoin yang mencengangkan, melewati angka $300 miliar hanya dalam waktu satu bulan, Januari 2024.

Peningkatan ini tidak hanya menegaskan pertumbuhan pesat yang dialami oleh Solana, tetapi juga menandakan persaingan yang semakin sengit dengan Ethereum dalam penguasaan pasar stablecoin.

Peningkatan Drastis dalam Transaksi Stablecoin

Solana telah menunjukkan kemajuan yang sangat impresif dengan volume transaksi stablecoin yang telah melonjak hingga lebih dari $300 miliar di bulan Januari. Angka ini merupakan lonjakan sebesar 2.520% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya, yang hanya mencatat $11,56 miliar.

Baca juga: Developer Aktif di Solana Melonjak Hingga 2.500, Pertanda Era Baru di Dunia Crypto?

stablecoin solana
Volume transfer stablecoin dalam satu tahun. Sumber: Artemis

Lebih lanjut, peningkatan dramatis ini mengukuhkan posisi Solana sebagai salah satu pemain kunci di pasar stablecoin dengan menguasai hampir 32% pangsa pasar, naik secara signifikan dari 1,2% pada tahun sebelumnya. Kegiatan transaksi stablecoin di Solana mengalami kenaikan sejak Oktober dan terus berkembang hingga 650% hingga saat ini.

Volume transaksi yang tercatat pada bulan Desember sebesar $297 miliar telah berhasil ditumbangkan oleh capaian bulan Januari. Pendorong utama pertumbuhan ini adalah peningkatan volume transaksi USDC di Solana, yang merupakan stablecoin yang paling banyak digunakan di platform tersebut.

Kompetisi dalam Dunia Blockchain

proposal ethereum 2024
Sumber: Cryptonews

Meskipun Solana telah menunjukkan kemajuan yang mencolok, Ethereum masih memegang kendali dengan volume transaksi stablecoin yang mencapai $317 miliar pada bulan Januari. Dengan menguasai lebih dari 33% pangsa pasar, Ethereum masih berada di posisi terdepan dalam industri ini.

Namun, Solana terus menunjukkan kemajuan yang pesat dan berpotensi untuk memberikan persaingan yang lebih ketat di masa yang akan datang. Tron menduduki posisi ketiga dengan volume transaksi stablecoin sebesar $240 miliar pada bulan ini.

Data dari platform Artemis menunjukkan bahwa volume transaksi mingguan stablecoin di berbagai jaringan telah mencapai puncaknya dalam setahun terakhir, dengan kontribusi signifikan dari transaksi USDC di Solana.

Baca juga: Terobosan Dunia Crypto: USDC Versi 2.2 Resmi Diluncurkan!

Update Terbaru dan Tren Pasar

Pada tanggal 18 Januari 2024, Paxos mengumumkan peluncuran stablecoin yang diatur, USDP, di blockchain Solana. Hal ini menambah jumlah transaksi yang sudah tinggi di Solana. Selama setahun terakhir, transaksi stablecoin di berbagai blockchain telah mencapai lebih dari $1,18 triliun.

Di samping volume transaksi stablecoin, aktivitas keuangan terdesentralisasi (DeFi) di Solana juga menunjukkan peningkatan, dengan total nilai yang terkunci mencapai $1,36 miliar, angka tertinggi sejak September 2022.

Meskipun demikian, nilai mata uang crypto Solana, SOL, mengalami penurunan sebesar 2% selama akhir pekan dan turun 25% dari nilai tertingginya di Desember 2023.

Prestasi yang diraih oleh Solana dalam volume transaksi stablecoin merupakan sebuah milestone penting dalam persaingan di pasar crypto. Kendati nilai SOL belum menunjukkan peningkatan yang signifikan, ekspansi jaringan dan penerimaan stablecoin mengindikasikan potensi yang besar bagi Solana untuk terus berkembang dan mungkin pada suatu hari dapat menandingi Ethereum sebagai pemimpin pasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: