Solana Rencanakan Peningkatan Blockchain Setelah Hal Ini

author:

Solana Rencanakan Peningkatan Blockchain Setelah Hal Ini

Setelah beberapa hari lalu terjadi penurunan fungsionalitas di seluruh jaringan Solana, salah satu pendiri Solana baru-baru ini merilis rencana untuk meningkatkan upgrade jaringan terbarunya. Lihat selengkapnya di bawah ini!

Solana Rencanakan Peningkatan Jaringan

Dilansir dari Coindesk (1/3/2023), salah satu pendiri Solana mengatakan bahwa pembaruan jaringan 1.14 yang dilakukan pada 25 Februari 2023 lalu telah menimbulkan kekhawatiran. Sebagai tanggapan langsung terhadap gangguan transaksi, validator menurunkan versi perangkat lunak untuk meningkatkan tingkat kinerja.

Solana Rencanakan Peningkatan Jaringan
Sumber: Twitter

Namun, pada 1 Maret 2023, Anatoly Yakovenko, pendiri dan CEO Solana Labs, merilis pernyataan yang mengatakan bahwa ekosistem berencana untuk meningkatkan upgrade jaringan melalui sebuah postingan Medium dan Twitter.

Menurut laporan, fokus utama dari rencana ini adalah stabilitas saat jaringan melanjutkan transisinya. Lebih lanjut, pernyataan tersebut menjabarkan rencana 6 langkah bagi para teknisi untuk membantu merampingkan proses dan mengungkapkan bahwa tim lawan telah dibentuk, yang terdiri dari sepertiga dari tim teknisi Solana.

Menurut Cointelegraph (1/3/23), tim tersebut dibentuk untuk membangun pengait dan instrumentasi tambahan ke dalam kode validator dan menargetkan eksploitasi di seluruh protokol yang mendasarinya.

Baca juga: Vitalik Buterin Bagikan Pengalaman dan Saran untuk Jaringan Ethereum

Solana Fokus Ciptakan Stabilitas di Jaringan

us Ciptakan Stabilitas di Jaringan
Sumber: Blockchain Media

Tidak hanya itu, tim Solana juga merencanakan cara-cara untuk fokus menciptakan stabilitas di seluruh jaringan. Salah satu cara yang diambil adalah membuat validator ke-2 yang dibangun oleh tim firedancer Jump Crypto dan pengembang Mango DAO yang membangun alat baru, serta menerapkan pasar biaya lokal.

Mengutip dari laporan Cointelegraph, pernyataan Yakovenko baru-baru ini juga menyebutkan bahwa penyelidikan tentang apa yang terjadi pada pemadaman awal masih dilakukan, dan ia akan memberitahu komunitas ketika informasi sudah tersedia.

Pada postingan yang ia bagikan 1 Maret 2023, Yokavenko mengklarifikasi bahwa pemungutan suara secara on-chain bukanlah penyebab perlambatan.

Bagaimanapun, kejadian pemadaman ini membuat banyak orang di komunitas berkomentar. Sebagian tanggapan komunitas terhadap pemadaman tersebut berisikan sentimen negatif, dengan beberapa pengguna menyebut sistem tersebut sebagai “pembunuh transaksi”.

Namun, tanggapan terhadap peta jalan perbaikan Yakovenko pun beragam, beberapa pengguna mengatakan bahwa berita itu “bagus untuk didengar,” sementara yang lain masih mempertanyakan integritas Solana.

Terlepas dari respon yang beragam, panggilan ekosistem Solana akan dilakukan pada hari ini, yakni tanggal 2 Maret 2023, di mana Yakovenko bermaksud untuk membahas keadaan ekosistem dan hal lainnya.


Referensi: