Solana (SOL) Meroket Tembus $150, Didorong oleh Pantera Capital, Memecoin, dan Aktivitas DApp!

Solana (SOL) Meroket Tembus $150, Didorong oleh Pantera Capital, Memecoin, dan Aktivitas DApp!

Solana (SOL), mata uang kripto asli dari jaringan blockchain Solana, telah mengalami lonjakan harga yang signifikan dalam beberapa hari terakhir. Pada tanggal 7 Maret 2023, SOL mencapai harga $150 untuk pertama kalinya sejak Januari 2022.

Kenaikan harga ini didorong oleh beberapa faktor, termasuk rencana Pantera Capital untuk membeli token SOL senilai $250 juta dari aset FTX yang bangkrut, aktivitas perdagangan memecoin yang ramai di jaringan Solana, dan peningkatan aktivitas di platform decentralized exchange (DEX) Solana. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pantera Capital Berencana Membeli Token SOL dari FTX

sol dari ftx
Sumber: Akun X Gumshoe

Salah satu faktor utama yang mendorong kenaikan harga SOL adalah rencana Pantera Capital, perusahaan pengelola aset kripto terkemuka, untuk membeli token SOL senilai $250 juta dari aset FTX yang bangkrut. Pantera Capital melihat peluang untuk membeli SOL dengan harga diskon yang signifikan, yaitu sekitar 39% di bawah harga rata-rata 30 hari. Rencana pembelian ini diharapkan dapat membantu melikuidasi aset SOL milik FTX dan membebaskan dana untuk para kreditor.

Namun, perlu dicatat bahwa rencana pembelian ini masih dalam tahap awal dan belum disetujui oleh pengadilan. Jika rencana ini disetujui, maka Pantera Capital akan memiliki opsi untuk membeli SOL dengan harga diskon selama periode vesting hingga empat tahun. Hal ini dapat memberikan dampak positif terhadap harga SOL dalam jangka panjang.

Baca Juga: Solana dan Filecoin Berkolaborasi untuk Merevolusi Penyimpanan Terdesentralisasi!

Aktivitas Memecoin di Jaringan Solana

aktivitas memecoin di solana
Peringkat blockchain berdasarkan volume DApps 30 hari, USD. Sumber: DappRadar

Faktor lain yang turut mendorong kenaikan harga SOL adalah aktivitas perdagangan memecoin yang ramai di jaringan Solana. Memecoin adalah mata uang kripto yang terinspirasi dari meme atau tokoh populer dan seringkali memiliki nilai spekulatif yang tinggi. Beberapa memecoin yang populer di jaringan Solana antara lain Jeo Boden, Juses crust, dan Spooderman.

Meskipun memecoin sering dianggap sebagai aset yang tidak memiliki nilai fundamental yang kuat, namun aktivitas perdagangan memecoin yang ramai dapat menarik perhatian investor dan meningkatkan permintaan terhadap token SOL. Hal ini karena investor yang tertarik dengan memecoin perlu membeli SOL terlebih dahulu untuk dapat memperdagangkan memecoin tersebut di platform DEX Solana.

Baca Juga: Rahasia Dibalik Lonjakan Harga Solana (SOL) yang Mengejutkan Pasar

Peningkatan Aktivitas di Platform DEX Solana

Selain aktivitas memecoin, peningkatan aktivitas di platform DEX Solana juga menjadi faktor yang mendorong kenaikan harga SOL. Platform DEX Solana memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan mata uang kripto secara langsung tanpa melalui perantara seperti bursa terpusat. Beberapa platform DEX Solana yang populer antara lain Serum, Raydium, dan Orca.

Peningkatan aktivitas di platform DEX Solana menunjukkan bahwa semakin banyak pengguna yang tertarik untuk menggunakan jaringan Solana untuk melakukan perdagangan mata uang kripto. Hal ini dapat meningkatkan permintaan terhadap token SOL dan mendorong kenaikan harganya.

Selain itu, peningkatan aktivitas di platform DEX Solana juga dapat menarik perhatian pengembang untuk membangun aplikasi terdesentralisasi (DApp) di jaringan Solana, yang dapat semakin memperkuat ekosistem Solana.

Kesimpulan

Kenaikan harga SOL hingga mencapai $150 didorong oleh beberapa faktor, termasuk rencana Pantera Capital untuk membeli token SOL dari FTX, aktivitas perdagangan memecoin yang ramai, dan peningkatan aktivitas di platform DEX Solana.

Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa harga mata uang kripto bersifat fluktuatif dan dapat berubah dengan cepat. Oleh karena itu, investor harus selalu berhati-hati dan melakukan riset sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual mata uang kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi