Wih! Kapitalisasi Pasar Solana (SOL) Melonjak Tajam dan Geser Posisi Binance Coin (BNB)

author:

Wih! Kapitalisasi Pasar Solana (SOL) Melonjak Tajam dan Geser Posisi Binance Coin (BNB)

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto saat Solana (SOL) berhasil melampaui Binance Coin (BNB) dalam kapitalisasi pasar. Lonjakan harga yang signifikan telah membawa SOL ke peringkat keempat, menandai prestasi yang belum terjadi dalam dua tahun terakhir.

Kenaikan ini menunjukkan kepercayaan investor yang tinggi terhadap SOL, meskipun sempat terjadi keraguan di masa lalu.

Lonjakan Harga Solana

solana langkahi binance
Sumber: X

Dalam 24 jam terakhir (22/12/23), SOL mencatat kenaikan harga sebesar 18%, dengan nilai pasar yang kini mencapai $41,9 miliar. Kenaikan ini membuat SOL berhasil menggeser BNB yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar $41,8 miliar.

Baca juga: Volume Pencarian Solana di Google Meningkat 250% dalam 2 Bulan Terakhir!

Hanya sehari sebelumnya, SOL juga telah melampaui XRP dalam hal kapitalisasi pasar. SOL kini diperdagangkan di harga $98,40, menandai kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan penutupan tahun 2022 yang hanya di bawah $10.

Kenaikan ini menjadikan SOL sebagai salah satu aset crypto dengan performa terbaik di tahun ini. Namun, analis teknikal juga mengingatkan tentang potensi terjadinya crash besar sebelum tahun berakhir.

Volume Perdagangan dan TVL Solana

Volume perdagangan harian SOL telah melonjak tajam, dengan peningkatan 33% yang mencapai lebih dari $6 miliar. Sementara itu, minat terbuka (open interest) SOL juga mengalami kenaikan, mencapai $1,33 miliar, hanya berada di bawah Ethereum (ETH). Kenaikan ini menunjukkan adanya aktivitas pasar yang dinamis dan minat yang tinggi dari para trader.

tvl solana terbaru
TVL Solana – Sumber: DeFiLlama

Data dari DeFiLlama menunjukkan bahwa total nilai terkunci (TVL) pada blockchain Solana telah melebihi $1,36 miliar. Ini menandakan peningkatan aktivitas DeFi yang signifikan di platform Solana.

Meskipun demikian, ada indikasi bahwa pemain besar mulai melikuidasi kepemilikan SOL mereka, termasuk Arthur Hayes yang beralih ke Ethereum.

Baca juga: Prediksi Harga Solana (SOL) 2024: Berpotensi Naik Mencapai Rp2,7 Juta!

Konsensus Unik dan Masa Depan Solana

Solana menonjol dengan mekanisme konsensus hibridanya yang menggabungkan Proof of Stake dan Proof of History. Ini memungkinkan proses transaksi yang lebih efisien dibandingkan dengan Bitcoin dan Ethereum.

Solana juga unggul dalam kecepatan transaksi, dengan kemampuan mengolah sekitar 65.000 transaksi per detik. Meskipun sempat diragukan masa depannya setelah keruntuhan bursa crypto FTX, Solana kini tampaknya telah membebaskan diri dari tekanan investor besar tersebut. Hal ini meningkatkan daya tarik investasi pada Solana, yang kini menjadi salah satu aset crypto yang paling diawasi perkembangannya.

Pada akhirnya, peningkatan yang luar biasa dari Solana menandakan era baru dalam dunia crypto, di mana aset digital ini tidak hanya sekedar bertahan dari krisis, tetapi juga mampu bangkit dan mencatatkan prestasi yang mengesankan.

Kini, mata dunia tertuju pada langkah selanjutnya dari SOL, apakah akan terus meroket atau menghadapi tantangan baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: