Solana Langkahi Ethereum dalam Volume Perdagangan DEX, Apa yang Terjadi?

author:

Solana Langkahi Ethereum dalam Volume Perdagangan DEX, Apa yang Terjadi?

Pasar crypto baru-baru ini dikejutkan oleh pencapaian mengesankan dari Solana yang berhasil melampaui Ethereum dalam hal volume perdagangan di bursa terdesentralisasi (DEX). Keberhasilan ini bukan hanya sebuah pencapaian penting bagi Solana, tetapi juga menandakan persaingan yang semakin ketat di industri crypto.

Bagaimanakah Solana mampu mencapai kesuksesan ini, dan apa pengaruhnya terhadap nilai mata uang digital tersebut?

Volume DEX: Dominasi Solana Atas Ethereum

Solana telah menciptakan sejarah dengan melampaui volume perdagangan DEX Ethereum untuk pertama kalinya. Berdasarkan data dari DeFiLlama yang tercatat pada tanggal 15 Desember 2023, Solana mencatat volume sebesar $1,262 miliar, sementara Ethereum berada di angka $1,164 miliar.

Baca juga: Prediksi Harga Solana (SOL) 2024: Berpotensi Naik Mencapai Rp2,7 Juta!

volume dex solana kalahkan ethereum
Sumber: DeFiLlama

Dalam satu minggu, Solana mengalami kenaikan sebesar 54,21%, sedangkan Ethereum mengalami penurunan sekitar 8%. Keberhasilan ini didorong oleh beberapa faktor, termasuk penjualan total Solana Mobile dan aktivitas perdagangan yang tinggi pada mata uang digital meme yang bertemakan anjing, BONK.

Jeremy Allaire, CEO Circle, menyebut ini sebagai “hari yang monumental untuk Solana”, dan Raj Gokal dari Solana menyatakan bahwa ini merupakan “tonggak yang sangat penting”.

BONK dan Pergerakan Harga Solana

Di tengah kabar yang menggembirakan, harga SOL mengalami peningkatan sekitar 15% dalam satu bulan, dengan nilai puncaknya mencapai $79,15. Pada 16 Desember 2023, Solana diperdagangkan di sekitar $74, dengan pergerakan harian antara $71,57 dan $79,15.

Volume perdagangan yang meningkat menunjukkan adanya peningkatan ketertarikan dari para investor, meskipun terdapat sedikit penurunan dalam 24 jam terakhir. Di sisi lain, BONK mengalami penurunan sebesar 22% dalam 24 jam terakhir setelah mengalami kenaikan hingga 1000% dalam sebulan, dengan harga terkini berada di $0,0000231.

Meski begitu, volume perdagangan BONK tetap menunjukkan tren positif, dan dengan kehadirannya di Coinbase dan Binance, para analis memperkirakan kemungkinan kenaikan harga BONK yang lebih tinggi lagi.

Meskipun terjadi penurunan harga yang signifikan, Solana masih berada dalam kondisi yang baik dengan perdagangan yang umumnya berada di level tertinggi tahun ini. Pertumbuhan tahunan Solana mencapai 657%, dan banyak pengamat pasar yang menganggap penurunan harga saat ini sebagai koreksi yang normal.

Namun, Solana kini dihadapkan pada tantangan untuk mempertahankan posisi dominannya dan berupaya untuk melampaui XRP dalam kapitalisasi pasar serta Ethereum dalam total nilai terkunci (TVL) dan volume perdagangan kumulatif. Dengan perubahan pasar yang cepat, Solana harus terus melakukan inovasi untuk menjaga momentumnya.

Secara keseluruhan, keberhasilan Solana dalam melampaui Ethereum merupakan babak baru dalam persaingan di sektor crypto. Dengan keberhasilan penjualan Solana Mobile dan gelombang BONK, Solana membuktikan diri tidak hanya sebagai pesaing, tetapi juga sebagai pemimpin potensial di industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: