Solana Mengalahkan Ethereum: Ledakan Volume NFT yang Tak Terduga!

author:

Solana Mengalahkan Ethereum: Ledakan Volume NFT yang Tak Terduga!

Dalam dunia crypto yang penuh gejolak, Solana tiba-tiba mencuri perhatian dengan melampaui Ethereum dalam volume penjualan NFT (10/12/23). Kejutan ini terjadi di tengah pasar yang sedang mengalami penurunan, namun Solana berhasil mencatatkan penjualan hampir $16 juta setelah mengalami kenaikan sebesar 2,78%.

Sementara itu, Ethereum mengalami penurunan yang cukup tajam, yaitu sebesar 22,70%.

Perubahan Peta Persaingan Blockchain

pasar nft melonjak

Menurut laporan U Today (10/12/23), Ethereum, yang selama ini dikenal sebagai pemimpin pasar NFT, kini harus mengakui keunggulan Solana yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Penjualan Ethereum tercatat menurun drastis menjadi $11,4 juta, berbanding terbalik dengan pencapaian Solana.

Di sisi lain, Bitcoin, yang biasanya tidak terlibat langsung dalam pasar NFT, mencatatkan penjualan sebesar $13 juta. Ini terjadi karena munculnya Bitcoin Ordinals yang turut meningkatkan total biaya transaksi Bitcoin, sehingga berhasil melampaui rivalnya di dunia altcoin.

Blockchain lain seperti Polygon dan ImmutableX juga mulai menunjukkan eksistensinya dengan volume penjualan masing-masing sebesar $1,5 juta dan $942.113, meskipun masih jauh di bawah Solana dan Ethereum.

Baca juga: Lonjakan Spektakuler: Volume Perdagangan Pasar NFT Mendekati $1 Miliar!

Lonjakan Pasar NFT Solana

Pasar NFT Solana mengalami peningkatan aktivitas yang signifikan, dengan Tensor menjadi platform yang paling menonjol. Tensor berhasil mencatatkan volume perdagangan bulanan sekitar $1 juta, melampaui Magic Eden. Dengan demikian, Tensor kini menguasai sekitar 60% pangsa pasar NFT Solana.

Meskipun jumlah pengguna dompet unik Tensor lebih sedikit dibandingkan dengan Magic Eden, para pedagang di platform ini terlibat dalam volume yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas dan nilai transaksi menjadi faktor penting dalam pertumbuhan pasar NFT Solana.

Solana Menguat, BONK Cetak Rekor

harga bonk melonjak
Sumber: VIC Crypto

Mata uang crypto asli Solana, SOL, mencatatkan kenaikan yang signifikan, sementara BONK, koin meme terkemuka di jaringan Solana, mencapai rekor tertinggi baru. Pada hari Jumat, SOL mencapai puncak baru 19 bulan dengan menyentuh $73,85.

Meskipun masih jauh dari rekor tertinggi sepanjang masa sekitar $260 pada November 2021, SOL telah pulih secara luar biasa dari titik terendah sekitar $8 pada akhir 2022. Per 10 Desember 2023, SOL diperdagangkan di atas $73, mencatatkan lonjakan 13% dalam 24 jam terakhir.

BONK sendiri telah mengalami kenaikan cepat dalam beberapa minggu terakhir, dengan mencatatkan kenaikan harga baru sebesar $0,00001314 pada hari Jumat. Meskipun mengalami sedikit penurunan menjadi $0,00001283, BONK tetap mencatatkan kenaikan 10% dalam 24 jam terakhir dan telah tiga kali lipat nilainya dalam tujuh hari terakhir. Simak selengkapnya di Harga BONK Melonjak Tajam, Siapakah Raja Meme Coin Selanjutnya?

Pada akhirnya, pencapaian Solana dalam mengungguli Ethereum dalam volume penjualan NFT menandakan babak baru dalam persaingan pasar crypto. Dengan kenaikan yang signifikan dari SOL dan BONK, serta keberhasilan platform seperti Tensor, Solana membuktikan bahwa inovasi dan adaptasi terus menjadi kunci dalam dunia crypto yang dinamis ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: