Solana Lampaui Ethereum dalam Volume Transfer Stablecoin Mingguan!

Solana Lampaui Ethereum dalam Volume Transfer Stablecoin Mingguan!

Jakarta, Pintu News – Solana telah melampaui Ethereum dalam volume transfer stablecoin mingguan, karena para investor mengejar imbal hasil, airdrop, dan pengembalian tinggi dari kegilaan memecoin. Solana telah membalikkan keadaan Ethereum untuk menjadi blockchain nomor satu dalam volume transfer stablecoin mingguan.

Data dari platform analitik blockchain Artemis mengungkapkan bahwa volume transfer mingguan Solana untuk stablecoin mencapai $364,7 miliar, melampaui jaringan Ethereum, yang melaporkan $152,99 miliar.

Angka tersebut menambah total volume transfer stablecoin untuk bulan Maret, yang saat ini mencapai $804 miliar, hampir melampaui $960 miliar dalam volume transfer stablecoin Solana untuk bulan Februari. Selain itu, $804 miliar Maret hingga saat ini adalah 3.410% lebih banyak dari volume transfer stablecoin $11,56 miliar pada Maret 2023. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Solana Menguasai Pasar Stablecoin

solana menguasai pasar stablecoin
Volume transfer stablecoin dalam satu tahun. Sumber: Artemis

Solana saat ini menguasai 42,3% pangsa pasar stablecoin, yang merupakan peningkatan signifikan dari pangsa 1,9% yang dimilikinya setahun lalu. Aktivitas stablecoin di Solana mulai meningkat pada Oktober 2023 dan terus meningkat sebesar 1.770% sejak saat itu. Ethereum, yang selalu menjadi pemimpin industri untuk volume transfer stablecoin, telah membuntuti Solana sejak awal tahun.

Blockchain layer 1 memiliki pangsa pasar lebih dari 31% pada Desember 2023 tetapi sejak itu kehilangan dominasinya ke Solana, saat ini menyumbang sekitar 27% dari volume transfer stablecoin. Blockchain terbesar ketiga untuk transfer stablecoin adalah Tron, dengan $101,57 miliar selama seminggu terakhir dan $366,5 miliar sejauh ini pada bulan Maret.

Baca Juga: Solana dan Filecoin Berkolaborasi untuk Merevolusi Penyimpanan Terdesentralisasi!

Aktivitas DeFi dan DEX Solana Meningkat

aktivitas dex solana meningkat
Volume DEX berdasarkan rantai. Sumber: DefiLlama

Selain volume stablecoin, telah terjadi peningkatan aktivitas decentralized finance (DeFi) di Solana, mendorong total nilai terkunci menjadi $4,55 miliar, level tertinggi sejak April 2022, menurut data dari DefiLlama. Hal ini juga dibuktikan dengan meningkatnya volume decentralized exchange (DEX), di mana Solana melampaui Ethereum dan rantai lainnya pada 19 Maret.

Perdagangan di DEX berbasis Solana meningkat sebesar 70% selama seminggu, hingga 19 Maret menjadi $3,37 miliar. Volume pada bursa terdesentralisasi berbasis Ethereum naik hanya 0,63% menjadi $3,05 miliar selama periode yang sama. Ada 26 DEX di Solana, menurut data dari Alchemy.

Orca adalah DEX terbesar di Solana, menyumbang 88% dari total volume. Kinerja di jaringan Solana ini didorong oleh meningkatnya minat pada memecoin dalam ekosistem yang dipimpin oleh Book of Meme (BOME), Dogwifwhat (WIF), BONK, dan Slerf.

Kesimpulan

Solana telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam aktivitas stablecoin, DeFi, dan DEX, melampaui Ethereum dalam beberapa metrik utama. Kinerja ini didorong oleh meningkatnya minat pada memecoin dalam ekosistem Solana dan ekspektasi pengembalian yang tinggi. Solana telah menjadi pusat perhatian investor dan pedagang, dan akan menarik untuk melihat apakah tren ini akan berlanjut di masa mendatang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi