Solana Kembali Bermasalah, Jaringan Terhenti Selama 5 Jam!

author:

Solana Kembali Bermasalah, Jaringan Terhenti Selama 5 Jam!

Jaringan Solana, blockchain dengan latensi rendah yang mengalami lonjakan aktivitas dalam beberapa bulan terakhir, mengalami pemadaman sekitar lima jam pada hari Selasa (7/2/2023).

Pemadaman ini menyebabkan token SOL milik Solana anjlok dari sekitar $96 sebelum masalah dimulai menjadi di bawah $94 saat insiden berlangsung, tetapi sejak itu hampir pulih sepenuhnya.

Jaringan Solana ‘Mati Lampu’ Selama 5 Jam

jaringan solana bermasalah
Peringatan pemadaman blockchain Solana – Sumber: Solana

Baca juga: Solana Raih Dana Masuk $13 Juta, Kalahkan Ethereum dan Avalanche!

Transaksi kembali diproses sekitar pukul 15:00 UTC, data blockchain menunjukkan. Transaksi tersebut telah berhenti sekitar pukul 09:52 UTC, data menunjukkan. Penghentian ini terjadi hampir setahun setelah jaringan Solana mati selama hampir dua hari pada bulan April 2022.

“Solana Mainnet-Beta mengalami penurunan kinerja, perkembangan blok saat ini terhenti, teknisi inti & validator sedang aktif menyelidiki,” kata Laine, validator Solana, dalam postingan X saat masalah masih berlangsung.

Teknisi inti mengatakan mereka telah mengidentifikasi perbaikan dan sedang membangun versi baru untuk ditingkatkan oleh validator, kata validator jaringan @mtromp dalam postingan X.

Dalam postingan lanjutan, Laine mengatakan bahwa validator telah mulai membuat snapshot menggunakan status buku besar lokal mereka – atau data terbaru sebelum pemadaman – untuk mempersiapkan restart.

Rilis perangkat lunak validator baru menyertakan tambalan untuk mengatasi masalah yang menyebabkan cluster berhenti, kata Solana Foundation, yang mengelola jaringan.

“Operator validator harus bersiap untuk peningkatan dan memulai ulang jaringan,” tambahnya.

Dampak Pemadaman Jaringan Solana

Blockchain Solana menghentikan produksi blok – Sumber: X

Validator adalah entitas yang memanfaatkan daya komputasi untuk memelihara blockchain dan memproses transaksi. Snapshot mengacu pada salinan data blockchain yang tepat pada titik waktu tertentu.

Operator node diberi tahu di saluran Discord Solana bahwa kegagalan untuk meningkatkan ke perangkat lunak terbaru akan mengakibatkan hilangnya status delegasi untuk blockchain Solana. Ini berarti bahwa operator node akan berhenti menerima hadiah dan jaringan dapat menjadi kurang aman karena node akan kurang terdistribusi.

Harga token SOL Solana sempat anjlok dari sekitar $96 sebelum masalah dimulai menjadi di bawah $94 saat insiden berlangsung, tetapi sejak itu hampir pulih sepenuhnya.

Pemadaman jaringan Solana juga berdampak pada bursa kripto, dengan Upbit mengumumkan akan menangguhkan penyetoran dan penarikan token berbasis Solana seperti Solana (SOL), GMT (GMT), Raydium (RAY), dan Access Protocol (ACS).

Baca juga: Siap-siap Naik Lagi, Pakar Crypto Arthur Hayes Beri Sinyal Buat Solana (SOL)!

Solana Rawan Gangguan Jaringan

Ini bukan pertama kalinya blockchain Solana menghadapi pemadaman jaringan atau waktu henti dalam produksi blok. Jaringan tersebut telah diganggu dengan beberapa pemadaman sejak diluncurkan, dan pemadaman terbaru akan menjadi yang kesebelas dalam dua tahun.

Blockchain Solana diluncurkan pada Maret 2020, dengan fokus menawarkan solusi terukur untuk ekosistem terdesentralisasi yang menyaingi Ethereum dengan waktu pemrosesan transaksi yang lebih cepat dan biaya transaksi yang lebih rendah.

Jaringan tersebut tumbuh menonjol selama siklus bull terakhir pada tahun 2021 karena meningkatnya tingkat adopsi dan harga token. Namun, masalah terkait jaringan terus berlanjut, dengan pengembang harus memulai ulang jaringan beberapa kali.

Secara keseluruhan, pemadaman jaringan Solana terbaru menjadi pengingat akan pentingnya stabilitas dan keandalan dalam teknologi blockchain. Meskipun Solana menawarkan kecepatan transaksi yang cepat dan biaya rendah, masalah pemadaman jaringan yang berulang dapat menghambat adopsi dan pertumbuhannya dalam jangka panjang.

Pengembang Solana perlu mengatasi masalah ini untuk memastikan jaringan dapat beroperasi secara konsisten dan andal.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: