Gempar! Solana Kalahkan Ethereum dalam Jumlah Pencarian Google di Seluruh Dunia

author:

Gempar! Solana Kalahkan Ethereum dalam Jumlah Pencarian Google di Seluruh Dunia

Solana semakin bersinar di kancah crypto, terbukti dengan keberhasilannya melampaui Ethereum dalam hal jumlah pencarian di Google secara internasional. Hal ini menandakan adanya perubahan ketertarikan dari para pelaku pasar dan investor yang kini lebih tertarik pada ekosistem Solana yang penuh dinamika.

Peningkatan Pencarian Solana

Minat penelusuran Solana sepanjang tahun 2023 – Sumber: Google Trends

Data terkini menunjukkan bahwa kata kunci “Solana” telah melebihi “Ethereum” dalam volume pencarian Google di berbagai negara. Antara tanggal 17 hingga 23 Desember 2023, Solana mencatatkan skor pencarian sebesar 56, sementara Ethereum hanya mencapai angka 50.

Baca juga: Solana Mendekati $100 Karena Kegilaan Koin Meme, Kok Bisa?

Pada periode yang berlangsung dari 24 hingga 30 Desember 2023, Solana bahkan mencapai skor 100, yang menunjukkan titik tertinggi popularitasnya dalam pencarian Google. Solana tidak hanya mendapat perhatian dari pencari di Spanyol dan Filipina, tetapi juga dari berbagai negara lain.

Rincian minat pencarian Solana berdasarkan wilayah – Sumber: Google Trends

Meskipun Ethereum masih memegang dominasi di negara-negara seperti Indonesia, Taiwan, dan Maroko, tren yang ada menunjukkan persaingan yang semakin sengit antara dua crypto ini. Lonjakan harga token SOL dan aktivitas yang bertambah di ekosistem Solana menjadi pendorong utama tren ini.

Memecoin dan NFT Sebagai Pemicu Kepopuleran

Kenaikan minat pencarian terhadap Solana juga dipicu oleh kepopuleran memecoin yang dikenal dengan nama “bonk” serta pasar NFT yang berbasis di Solana, yaitu Tensor. Bonk, memecoin dengan tema anjing, berhasil melewati Pepecoin dalam hal kapitalisasi pasar setelah mengalami lonjakan hingga 370% dalam satu bulan.

Di sisi lain, Tensor menarik perhatian dengan koleksi NFT-nya yang bernama Tensorians, yang mengalami peningkatan nilai yang cukup signifikan. Peningkatan harga token SOL dari Solana juga memberikan kontribusi terhadap lonjakan minat pencarian.

Pada 20 Desember 2023, kapitalisasi pasar SOL berhasil melampaui XRP dengan kenaikan harga sebesar 13,8%, mencapai nilai lebih dari $82 untuk pertama kalinya sejak Mei 2022. Meskipun terjadi penurunan dan harga kembali ke level sebelum liburan Natal, performa SOL tetap menjadi pusat perhatian.

Baca juga: Transformasi Fantastis: Dari $62 Menjadi $2 Juta dalam 22 Hari Berkat Meme Koin Ini!

Dinamika Harga SOL dan Pengaruhnya

Solana tidak hanya menarik perhatian melalui pencarian Google, tetapi juga melalui pergerakan harga yang menonjol. Pada tanggal 1 Oktober 2023, harga SOL berada di kisaran $21 dan berhasil mencapai titik tertinggi di atas $124 pada tanggal 25 Desember 2023, menunjukkan peningkatan yang mencengangkan lebih dari 490% dalam waktu tersebut.

Meskipun terdapat fluktuasi, SOL tetap menjadi salah satu crypto dengan performa terbaik di tahun ini. Pada 22 Desember 2023, SOL sempat melampaui BNB dalam hal kapitalisasi pasar, menjadi token crypto terbesar keempat.

Namun, tekanan penjualan yang muncul menyebabkan SOL kembali ke harga sebelum liburan Natal, dan BNB kembali menduduki posisinya pada tanggal 29 Desember 2023. Pergerakan harga ini mencerminkan betapa cepatnya dinamika pasar crypto.

Pada akhirnya, keberhasilan Solana dalam melampaui Ethereum dalam pencarian Google merupakan sebuah milestone penting dalam persaingan di pasar crypto. Dengan perubahan yang terus-menerus terjadi, penting bagi investor atau trader untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan terbaru agar dapat membuat keputusan yang tepat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: