Solana Mengalahkan Ethereum di Tengah Kegilaan Memecoin, Meski Transaksi Gagal!

Solana Mengalahkan Ethereum di Tengah Kegilaan Memecoin, Meski Transaksi Gagal!

Solana, jaringan blockchain yang dikenal dengan kecepatan transaksi yang tinggi, baru-baru ini mengalami lonjakan aktivitas yang luar biasa. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya minat terhadap memecoin berbasis Solana, seperti Book of Meme dan SNAP. Namun, lonjakan aktivitas ini juga menyebabkan jaringan Solana kewalahan dan mengakibatkan banyak transaksi gagal. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Aktivitas Jaringan Solana Lampaui Ethereum

aktivitas jaringan solana
Solana mencapai rekor baru sebesar $3,79 miliar dalam volume perdagangan pada tanggal 15 Maret. Sumber: DefiLlama

Pada akhir pekan lalu, aktivitas jaringan Solana melampaui Ethereum. Total volume perdagangan Solana mencapai $3,52 miliar, mengalahkan volume harian Ethereum sebesar lebih dari $1,1 miliar. Lonjakan aktivitas ini didorong oleh minat yang besar terhadap memecoin berbasis Solana.

Namun, jaringan Solana tidak mampu mengimbangi lonjakan aktivitas tersebut. Banyak pengguna mengeluhkan transaksi yang gagal atau tidak terproses dengan benar. Menurut data validator Solana, waktu ping jaringan Solana berkisar antara 20 hingga 40 detik pada 16 Maret pukul 8 malam UTC. Hal ini menyebabkan sekitar 50% transaksi gagal selama sekitar 20 menit.

Baca Juga: 5 Altcoin Terbaik di Maret 2024

Memecoin Menjadi Pendorong Utama

memecoin pendorong utama
Sumber: Akun X Dagnum

Lonjakan aktivitas jaringan Solana sebagian besar disebabkan oleh minat yang besar terhadap memecoin baru. Salah satu memecoin yang paling populer adalah Book of Meme (BOME), yang harganya melonjak dari hampir nol menjadi kapitalisasi pasar sebesar $1,45 miliar hanya dalam waktu 56 jam.

Memecoin lain yang juga menarik perhatian adalah Nap (NAP), yang kapitalisasi pasarnya naik dari sekitar $20 juta menjadi lebih dari $330 juta dalam waktu kurang dari 18 jam. Kegilaan terhadap memecoin ini mendorong banyak investor untuk beralih ke Solana, sehingga menyebabkan lonjakan aktivitas jaringan.

Baca Juga: Top 3 Memecoin Solana Favorit di 2024, Mana Paling Cuan?

Harga SOL Meroket

Lonjakan aktivitas jaringan Solana juga berdampak positif terhadap harga token SOL. Harga SOL naik menjadi $200, naik 7,6% selama seminggu terakhir dan 38,4% dalam sebulan terakhir. Kenaikan harga SOL juga membantu Solana menyalip Binance Coin (BNB) dan menjadi mata uang kripto terbesar keempat berdasarkan kapitalisasi pasar, dengan nilai mencapai $88,5 miliar.

Lonjakan aktivitas jaringan Solana dan minat terhadap memecoin berbasis Solana menunjukkan potensi besar jaringan ini. Namun, Solana juga menghadapi tantangan dalam hal skalabilitas dan keandalan jaringan. Kegagalan transaksi dan waktu ping yang tinggi menjadi masalah yang perlu segera diatasi agar Solana dapat terus tumbuh dan bersaing dengan jaringan blockchain lainnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi