Volume DEX Solana Pecahkan Rekor, Tembus $28 Miliar!

author:

Volume DEX Solana Pecahkan Rekor, Tembus $28 Miliar!

Desember menjadi saksi bisu keberhasilan luar biasa dari pertukaran terdesentralisasi atau DEX di blockchain Solana, yang mencatatkan total volume mencapai angka fantastis, $28 miliar.

Kinerja mengesankan ini merupakan hasil kerjasama antara berbagai platform yang ada di ekosistem DEX Solana. Kini, mata dunia tertuju pada pertumbuhan pesat yang ditunjukkan oleh teknologi crypto ini.

DEX Solana Menembus $28 Miliar: Raydium Mendominasi Pasar

volume dex solana melonjak
Sumber: X

Menurut cuitan akun Degen News di X pada 1 Januari 2024, volume DEX (Decentralized Exchange) Solana di bulan Desember 2023 menembus $28 miliar. Dilansir dari Crypto News (Raydium, sebagai DEX terdepan di Solana, mengalami penurunan mingguan sebesar 42,6%, namun masih mencatatkan volume 24 jam sebesar $224,1 juta dan volume mingguan $2,4 miliar.

Baca juga: Prediksi Harga Solana (SOL) 2024: Berpotensi Naik Mencapai Rp2,7 Juta!

Meskipun terjadi penurunan, Raydium tetap memegang kendali pasar dengan kontribusi sebesar 41,1% dari total volume kumulatif, yang mencapai $53,6 miliar. Ini menunjukkan bahwa Raydium masih menjadi pilihan utama bagi para pengguna DEX di Solana.

Dalam persaingan yang ketat, Orca dan Lifinity mengamankan posisi kedua dan ketiga. Orca mengalami penurunan mingguan sebesar 19,7%, dengan volume 24 jam sebesar $209 juta dan volume mingguan $2,6 miliar.

Sementara itu, Lifinity mencatat penurunan sebesar 11,7%, dengan volume 24 jam sebesar $47,1 juta dan volume mingguan $824,2 juta. Kedua platform ini terus berupaya meningkatkan layanan untuk menarik lebih banyak pengguna.

Pertumbuhan Positif Mango Markets

Berbeda dengan tren umum, Mango Markets menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 17,6% dalam seminggu. Platform ini berhasil mencatatkan volume 24 jam sebesar $9,5 juta dan volume mingguan sebesar $332,7 juta. Pertumbuhan ini menandakan adanya variasi dalam preferensi pengguna dan menunjukkan bahwa ada ruang bagi pemain lain untuk berkembang di pasar DEX Solana.

Baca juga: Terungkap! Solana Melampaui XRP dengan Lonjakan Harga Fantastis

Selain itu, platform-platform seperti Drift, OpenBook, Crema Finance, Saber, Penguin, Aldrin, Saros, Serum, dan Synthetify juga turut berkontribusi pada peningkatan volume bulanan DEX di Solana.

Dengan beragamnya pilihan yang tersedia, pengguna memiliki kebebasan untuk memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Diversifikasi ini menjadi salah satu kekuatan ekosistem Solana.

Secara keseluruhan, kesuksesan DEX di Solana pada bulan Desember 2023 ini menandakan era baru bagi industri crypto, di mana pertukaran terdesentralisasi semakin mendapatkan tempat di hati para pengguna.

Dengan terus berkembangnya teknologi dan inovasi yang ditawarkan, masa depan cerah tampaknya sudah di depan mata bagi Solana dan para penggunanya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: