Volume Perdagangan DEX Solana Capai Rekor $2,85 Miliar, Naik Lebih dari 150%!

author:

Volume Perdagangan DEX Solana Capai Rekor $2,85 Miliar, Naik Lebih dari 150%!

Solana (SOL), mata uang kripto yang dijuluki sebagai “Ethereum Killer”, semakin dekat dengan kenyataan julukannya tersebut, terutama dalam hal lonjakan volume perdagangan di bursa terdesentralisasi (DEX).

Dalam seminggu terakhir, Solana mencatat volume perdagangan DEX sebesar $15 miliar, yang berarti terjadi peningkatan sebesar 153% dibandingkan minggu sebelumnya, menurut data dari DefiLlama.

Dominasi Solana dalam volume perdagangan DEX mingguan mencapai 28,5%, sementara Ethereum (ETH) masih memimpin dengan 36,1%. BNB Chain dan Arbitrum mengikuti di belakang dengan sekitar 12%.

Solana: Pertumbuhan Volume DEX yang Luar Biasa

Solana telah mencatat pertumbuhan yang luar biasa dalam volume DEX karena semakin banyak proyek yang memilih untuk menggunakan jaringan tersebut.

Baca juga: Pantera Capital Luncurkan Penggalangan Dana untuk Membeli Solana (SOL) Senilai $250 Juta!

Setahun yang lalu, jaringan ini hanya menguasai 1,1% dari pangsa pasar DEX, dibandingkan dengan dominasi Ethereum sebesar 50%, seperti yang dicatat oleh Tom Wan, seorang ahli strategi data dan riset on-chain di 21Co (perusahaan induk 21Shares).

Pertumbuhan Solana dalam ruang DEX telah menggerogoti pangsa pasar Ethereum. Jaringan Solana dikembangkan untuk mengatasi masalah skalabilitas dan kecepatan Ethereum. Biaya yang lebih rendah dan transaksi yang lebih cepat di Solana telah menarik lebih banyak pengguna dan proyek. Daya tarik ini juga menjadi magnet bagi lebih banyak investor.

Namun, lonjakan volume di Solana juga berdampak pada jaringan itu sendiri. Misalnya, pada tanggal 6 Maret 2024, Binance Exchange memilih untuk menangguhkan penarikan sementara di Solana, dengan alasan lonjakan volume transaksi di jaringan tersebut.

Sementara itu, Ethereum sedang mempersiapkan peningkatan signifikan untuk mengatasi masalah skalabilitas, kecepatan, dan biaya. Masih harus dilihat apakah peningkatan ini akan memberikan Ethereum keunggulan lebih besar dalam volume DEX dibandingkan Solana.

Dampak Pertumbuhan DEX Solana terhadap Pasar

Pertumbuhan volume perdagangan DEX di Solana telah berdampak langsung pada jaringan tersebut, yang menyebabkan kemacetan karena meningkatnya aktivitas transaksi on-chain.

Kemacetan tersebut menggarisbawahi tantangan yang dihadapi jaringan saat ini, tetapi juga menyoroti meningkatnya penggunaan dan permintaan akan kemampuan transaksi Solana yang cepat dan murah. Bersamaan dengan lonjakan volume perdagangan, harga pasar Solana juga menunjukkan tren bullish.

Mata uang kripto SOL diperdagangkan pada $141,23, mengalami peningkatan yang mengesankan sebesar 6,83% dalam 24 jam terakhir dan peningkatan yang lebih luar biasa sebesar 46,89% selama 30 hari terakhir (7/3/24).

Pergerakan harga tersebut menandakan sentimen bullish yang kuat di pasar, memperkuat posisi Solana sebagai mata uang kripto terkemuka di ruang aset digital.

Baca juga: Prediksi Harga Solana (SOL) Setelah Bitcoin Halving 2024, Berpotensi Naik 590%?

Harga Solana Siap Menuju $200?

solana ecosystem 2024
Generated by AI

Lebih lanjut memperkuat prospek bullish ini, data dari Coinglass menunjukkan bahwa minat terbuka (open interest) di Solana telah meningkat sebesar 13,63%, saat ini mencapai $2,31 miliar.

Peningkatan minat terbuka ini, bersamaan dengan lonjakan volume perdagangan dan harga, menunjukkan bahwa investor tidak hanya optimis tentang prospek masa depan Solana tetapi juga secara aktif berpartisipasi dalam aktivitas pasarnya.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh U.Today, beberapa analis bahkan memperkirakan bahwa SOL berpotensi mencapai tonggak harga $200 dalam siklus pasar ini. Namun, ekspektasi ini bergantung pada stabilitas pasar yang lebih luas dan masuknya minat dan kepercayaan investor yang berkelanjutan terhadap kerangka kerja teknologi dan posisi pasar Solana.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Crypto Economy