Cetak Rekor Tertinggi Bulanan Baru, Solana dan Cardano Kompak Naik Hingga 22%

author:

Cetak Rekor Tertinggi Bulanan Baru, Solana dan Cardano Kompak Naik Hingga 22%

Dilansir Decrypt (9/1/23), nilai Solana dan Cardano kompak melonjak lebih dari 22% pada Minggu malam (8/1/23), menurut data dari CoinGecko. Dengan kenaikan ini, keduanya tercatat kembali ke tempat yang bisa terlihat setelah mengalami keterpurukan sejak November 2022 lalu. Sebelum membahas lebih lanjut, ketahui harga Solana dan Cardano hari ini, yuk!

Harga Solana Naik 22.34% Dalam Waktu 24 Jam

harga solana naik 22%
Sumber: Pintu Market

Tercatat di market Pintu, harga Solana mengalami lonjakan 22.34% dalam waktu 24 jam. Sempat menyentuh titik terendahnya di harga Rp208.315 pada 8 Januari 2023, dan menyentuh harga tertinggi di Rp256.650 pada 9 Januari 2023.

Latar Belakang di Balik Naiknya Harga Solana

Solana (SOL), yang memulai perjalanan luar biasa dengan lonjakan nilai 11% pada hari Senin minggu lalu, melonjak lagi pada hari Minggu (8/1/23) menjadi $16,04 atau setara dengan Rp 249.911, harga yang belum pernah terlihat sejak 9 November 2022.

Solana mengalami minggu pertama terbaik tahun ini dari 20 koin teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Per 9 Januari 2023, Solana mengalami peningkatan 60% selama tujuh hari, menurut laporan Decrypt. Peningkatan signifikan ini adalah rebound yang luar biasa untuk SOL, yang sebelumnya anjlok lebih dari 41% setelah jatuhnya FTX. Pernah disebut sebagai “Ethereum-Killer”, Solana diketahui pernah menjadi aset crypto favorit Sam Bankman-Fried.

Bersamaan dengan jatuhan sang founder pada musim gugur tahun lalu, harga Solana turun 94% dari rekor tertinggi sepanjang masa-nya yang menyentuh $259 atau Rp 4 juta, menurut CoinGecko.

Solana adalah jaringan blockchain layer-1 proof-of-stake (PoS) yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT). Baru-baru ini, salah satu proyek NFT populer jaringan Solana, y00ts telah bermigrasi ke jaringan Polygon. Meski begitu, lonjakan harga Solana datang ketika meme koin baru bertema anjing, BONK, diluncurkan yang berhasil menarik minat komunitas dan menjadi perbincangan banyak orang. Walaupun pesta peluncurannya tidak berlangsung lama, BONK masih mengungguli semua cryptocurrency utama selama seminggu, menurut laporan Decrypt.

Harga Cardano Naik 17.66% Dalam Waktu 24 Jam

Sumber: Pintu Market

Terlihat di market Pintu, harga Cardano mengalami lonjakan 17.66% dalam waktu 24 jam. Sempat menyentuh titik terendahnya di harga Rp4.319 pada 8 Januari 2023, dan menyentuh harga tertinggi di Rp5.256 pada 9 Januari 2023.

Baca juga: Terbaru! Cardano Segera Luncurkan Stablecoin USDA Awal 2023!

Latar Belakang di Balik Naiknya Harga Cardano

Cardano (ADA), mata uang crypto terbesar kedelapan berdasarkan kapitalisasi pasar CoinMarketCap, mengalami lonjakan harga menjadi $0,33 setara dengan Rp5.141 ($1 = Rp 15.580), harga yang tidak tersentuh sejak 19 November 2022.

Menurut laporan Decrypt, faktor di balik kebangkitan ADA minggu ini masih belum diketahui. Meski begitu, tonggak terakhir blockchain adalah penerapan Vasil fork yang telah lama ditunggu-tunggu pada bulan September 2022 lalu, yang mana terdapat desas-desus yang melibatkan salah satu pendiri Cardano, Charles Hoskinson.

Sementara itu, perusahaan Hoskinson, Input Output HK, sedang mempersiapkan peluncuran dompet Lace untuk Cardano yang sempat tertunda.

Sumber: Twitter

Pada tanggal 6/1/23, melalui akun Twitternya, Hoskinson mengumumkan bahwa Klinik Kesehatan & Kebugaran Hoskinson barunya di Wyoming akan menerima ADA sebagai pembayaran.

Sebelumnya, pada bulan Juni 2022, Hoskinson juga mengumumkan pembukaan Nessie’s, sebuah restoran dan lounge wiski, di mana ADA juga akan diterima sebagai pembayaran.

Dilansir Coingape (9/1/23), sejak awal tahun 2023, ADA telah menunjukkan kekuatan besar dengan kenaikan hampir 10% minggu lalu. Lebih lanjut, Cardano telah kembali menjadi berita sejak akumulasi whale untuk ADA dilanjutkan. Sejak hari tahun baru, pemegang alamat Cardano berada di antara 1 juta hingga 100 juta $ADA, menambahkan total lebih dari 200 juta koin ADA sejauh ini.

Sementara itu, dilaporkan oleh Coindesk (9/1/23), meningkatnya harga ADA bisa jadi didorong oleh aktivitas pada aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang dibangun di Cardano tumbuh selama akhir pekan, menurut data on-chain.

Dalam seminggu terakhir, volume transaksi pasar NFT seperti Spacebudz dan EpochArt tumbuh sebanyak 200%, sementara protokol DeFi SundaeSwap dan Lending Pond terlihat mengalami peningkatan transaksi lebih dari 60% pada periode yang sama.


*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: