Solana dan Filecoin Bersatu untuk Tingkatkan Penyimpanan Data Terdesentralisasi

Solana dan Filecoin Bersatu untuk Tingkatkan Penyimpanan Data Terdesentralisasi

Solana (SOL) dan Filecoin (FIL) telah mengumumkan kolaborasi untuk meningkatkan infrastruktur penyimpanan data terdesentralisasi. Perjanjian ini menyatukan dua entitas berpengaruh dalam bidang teknologi buku besar digital.

Solana akan menggabungkan solusi penyimpanan terdesentralisasi Filecoin, yang bertujuan untuk meningkatkan redundansi data, memperluas skalabilitas, dan memperkuat protokol keamanan jaringan.

Integrasi Solana dengan Filecoin

Integrasi Solana dengan Filecoin merupakan langkah signifikan menjauh dari solusi penyimpanan tersentralisasi dan langkah luar biasa untuk meningkatkan keandalan dan skalabilitas blockchain Solana. Solana memanfaatkan Filecoin untuk membuat riwayat bloknya lebih mudah diakses dan digunakan.

Memanfaatkan kemampuan penyimpanan terdesentralisasi Filecoin merupakan bagian dari tujuan Solana untuk mendesentralisasikan penyimpanan data dan membuat riwayat blok jaringan lebih mudah tersedia bagi penggunanya, termasuk pengembang dan analis data. Kegembiraan dalam komunitas crypto sangat terasa setelah pengumuman tersebut.

Baca Juga: Inovasi Terbaru di Dunia DeFi: Farm Boost dari Aevo dan Pandora Janjikan Keuntungan Berlipat!

Anatoly Yakovenko, salah satu pendiri Solana, mengungkapkan antusiasmenya dan memuji Filecoin karena menciptakan lapisan arsip terdesentralisasi yang akan menjadi dasar integrasi.

Reaksi Pasar dengan Sinyal Campuran

zkfair gabung kolaborasi io.net dan filecoin
Sumber: Filecoin

Dalam berita keuangan terkait kolaborasi ini, nilai pasar Filecoin mengalami peningkatan yang signifikan, dengan lonjakan 7% sebelum pengumuman resmi dan peningkatan mingguan secara keseluruhan sekitar 14%, menurut data dari CoinGecko. Selain itu, platform Filecoin telah menarik perhatian yang cukup besar dengan mengadopsi basis klien yang substansial.

Dengan memperkenalkan kontrak pintar bergaya Ethereum melalui Filecoin Virtual Machine (FVM), perusahaan menunjukkan peningkatan positif dalam penawaran penyimpanan terdesentralisasinya. Sementara itu, koin asli Solana, SOL, sedikit terpukul, mengalami penurunan 3% pada hari berita disebarluaskan.

Ekosistem Solana telah berkembang baru-baru ini, dengan total nilai aset hampir $2 miliar dilaporkan terkunci di blockchain-nya. Pertumbuhan ini telah terjadi meskipun fluktuasi nilai negatif jangka pendek, dan prospek blockchain tetap menjadi topik yang menarik di antara investor dan analis.

Meme Coin WIF Berbasis Solana Melonjak 16% Harian saat Harga SOL Menantang $110

Ekosistem Solana telah berkembang pesat dalam beberapa bulan terakhir, melahirkan sejumlah meme coin yang menjadi terkenal hanya untuk menurun dan kemudian memudar terlupakan. Namun, itu tidak terjadi pada WIF, karena – dengan semua ukuran – tampaknya anjing itu memang masih memiliki topi.

Dogwifhat (WIF) telah melihat harganya melebihi $0,40 dalam 24 jam terakhir, melonjak lebih dari 16%, seperti yang terlihat pada grafik di bawah ini: Perlu dicatat bahwa pergerakan WIF terjadi di tengah pemulihan pasar yang lebih luas, karena harga Bitcoin juga mendorong ke $52K pada saat penulisan ini.

Hari ini, bagaimanapun, pasar berwarna hijau. Solana juga mencoba untuk maju, saat ini diperdagangkan sedikit di bawah level penting $110. Cryptocurrency naik 1% setiap hari. Pasar meme coin, dalam menghadapi pelopor – Dogecoin dan Shiba Inu (SHIB) juga berwarna hijau.

DOGE naik 0,5%, mendekati $0,085, sementara SHIB mencatat kenaikan ringan 1% untuk hari itu. Menarik untuk melihat apakah segmen khusus ini akan meningkat dalam beberapa hari mendatang. Meme coin cenderung sangat fluktuatif dan eksplosif, dengan nilainya berkisar liar dalam kerangka waktu yang singkat.

Penutup

Solana dan Filecoin telah mengumumkan kolaborasi untuk meningkatkan infrastruktur penyimpanan data terdesentralisasi. Integrasi Solana dengan Filecoin merupakan langkah signifikan menjauh dari solusi penyimpanan tersentralisasi dan langkah luar biasa untuk meningkatkan keandalan dan skalabilitas blockchain Solana.

Reaksi pasar terhadap kolaborasi ini beragam, dengan Filecoin mengalami peningkatan nilai pasar sementara Solana sedikit terpukul. Ekosistem Solana juga telah berkembang pesat dalam beberapa bulan terakhir, melahirkan sejumlah meme coin yang menjadi terkenal hanya untuk menurun dan kemudian memudar terlupakan.

Namun, itu tidak terjadi pada WIF, karena – dengan semua ukuran – tampaknya anjing itu memang masih memiliki topi.

Baca Juga: XRP Bakal Meroket? Wall Street Membahas Langkah Terbaru Ripple

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi