Solana (SOL) Membuat Gebrakan: Capai 100% Uptime di Kuartal Kedua 2023!

author:

Solana (SOL) Membuat Gebrakan: Capai 100% Uptime di Kuartal Kedua 2023!

Solana, jaringan blockchain yang dikenal dengan kecepatan dan efisiensinya, telah mencapai tonggak penting dalam kinerjanya. Menurut laporan terbaru dari Solana Foundation, jaringan ini telah mencapai uptime 100% di kuartal kedua 2023, menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan sepanjang paruh pertama tahun ini. Keberhasilan ini menegaskan posisi Solana sebagai pemain utama dalam ekosistem blockchain.

Stabilitas Solana di Ekosistem Crypto

Solana (SOL) telah muncul sebagai pemain utama dalam ekosistem blockchain, dikenal dengan kecepatan, efisiensi, dan komposabilitasnya. Jaringan ini telah mencapai tonggak penting dalam kinerjanya, dengan mencapai uptime 100% di kuartal kedua 2023.

Baca juga: Solana Siap Melambung? Analis Caleb Franzen Prediksi Target Harga SOL Capai Rp410.618!

perkembangan solana di kuartal kedua tahun 2023
Solana mencapai waktu kerja 100% pada Q2, 2023 – Sumber: Solana

Menurut Dan Albert, Direktur Eksekutif Solana Foundation,

“Ekosistem ini tangguh, dan dedikasi Solana terhadap inovasi berkontribusi pada perkembangan menarik di berbagai bidang, termasuk DeFi, NFT, infrastruktur jaringan, infrastruktur fisik terdesentralisasi, dan lainnya.”

Laporan terbaru dari Solana Foundation menyoroti sejumlah peningkatan kinerja di paruh pertama 2023, diukur dengan beberapa metrik kunci. Ini termasuk rasio transaksi non-voting ke voting, waktu produksi blok, dan transaksi rata-rata dan maksimum per detik. Khususnya, uptime jaringan 100% di kuartal kedua menunjukkan kekuatan dan stabilitas platform.

Solana dan Perkembangan Desentralisasinya

perkembangan solana di kuartal kedua tahun 2023
Sumber: Twitter

Tidak hanya itu, desentralisasi juga terus menjadi fokus utama bagi Solana. Jaringan ini tetap dikelola oleh sekelompok beragam dari 1.850 validator independen dari seluruh dunia, dengan 925 node RPC yang mendukung infrastrukturnya. Koefisien Nakamoto, ukuran desentralisasi, berada pada angka yang mengesankan, 33.

Selain itu, komunitas besar dari 2.053 pengembang open-source yang aktif membangun aplikasi di Solana menunjukkan adopsi luas platform. Albert berkomentar,

“Paruh pertama 2023 memberikan sejumlah tantangan bagi jaringan, tetapi jaringan berkinerja sangat baik.”

Solana juga memperkenalkan inovasi revolusioner yang mendefinisikan ulang kemampuan platform. Misalnya, kompresi state memungkinkan data disimpan langsung di rantai, secara signifikan mengurangi biaya dan membuka kasus penggunaan baru yang sebelumnya tidak dapat dicapai. Akibatnya, mencetak 100 juta NFT di Solana sekarang hanya membutuhkan biaya 50 SOL, menjadikannya salah satu solusi paling efektif biaya untuk NFT.

Baca juga: Wow! Pengguna Aptos (APT) Melonjak 900% Setelah Berintegrasi dengan Chingari

Mengatasi Isu Stabilitas dan Keandalan Solana

Solana Foundation telah menangani isu stabilitas dan keandalan dengan menerapkan beberapa peningkatan pada proses pembaruan perangkat lunak jaringan utama setelah gangguan singkat pada 25 Februari. Perbaikan ini termasuk membawa pengembang dan peninjau eksternal ke dalam proses rilis dan menyempurnakan proses restart server.

Sejak itu, jaringan telah mempertahankan uptime 100% dan berhasil beralih ke versi jaringan 1.14 ke mainnet. Diantara peningkatan ini, Solana juga memperkenalkan inovasi revolusioner yang mendefinisikan ulang kemampuan platform.

Kisah sukses jaringan Solana masih jauh dari selesai, dengan kemajuan lebih lanjut di cakrawala. Solana adalah salah satu blockchain proof-of-stake yang paling terdesentralisasi di dunia dan salah satu yang paling berkembang di dunia. Dengan fondasi yang solid, Solana siap untuk melangkah maju dan membentuk masa depan teknologi terdesentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: