Jembatan Cross-Chain Solana – Bitcoin Berencana untuk Diluncurkan pada Q3 2024!

author:

Jembatan Cross-Chain Solana – Bitcoin Berencana untuk Diluncurkan pada Q3 2024!

Jakarta, Pintu News – Zeus Network, jembatan cross-chain yang menghubungkan ekosistem Solana (SOL) dan Bitcoin (BTC), mengumumkan rencana peluncuran Zeus Program Library (ZPL) pada kuartal ketiga tahun 2024.

ZPL akan memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan dukungan Solana ke dalam aplikasi terdesentralisasi, sehingga mendorong aktivitas di kedua jaringan blockchain.

ZPL: Membuka Peluang Baru di Solana

zeus network
Sumber: Medium – Zeus

ZPL merupakan seperangkat program Solana Virtual Machine (SVM) yang memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan dukungan Solana asli ke dalam aplikasi terdesentralisasi dan mendukung transaksi di beberapa blockchain.

Baca juga: Aave Luncurkan Pembaruan Protokol V4, Siap Mengguncang Dunia DeFi!

Aset ZPL dapat berupa fungible (mata uang kripto) atau non-fungible token (NFT), mewakili berbagai aset digital. Dengan ZPL, pengguna dapat menyetor Bitcoin (BTC) mereka dan menerima token zBTC yang dibungkus ZPL sebagai gantinya.

Token ini kemudian dapat digunakan untuk berinteraksi dengan bursa terdesentralisasi, pasar NFT, peminjaman, pinjaman, permainan, dan SocialFi dalam ekosistem Solana.

Apollo: Memfasilitasi Transfer Bitcoin-Solana

Protokol penghubung, Apollo, memainkan peran penting dalam kerangka kerja ZPL. Apollo memungkinkan pengguna untuk menyetor Bitcoin dan menerima token zBTC yang dibungkus ZPL sebagai gantinya.

Token ini kemudian dapat digunakan di berbagai platform dalam ekosistem Solana, termasuk bursa terdesentralisasi dan pasar NFT, serta sektor peminjaman, pinjaman, dan permainan.

Baca juga: Vitalik Buterin Ungkap Rahasia Keamanan Kripto yang Mengejutkan, Simak di Sini!

Ekspansi Aset ZPL di Solana

Lebih lanjut, pengembang berencana untuk memperluas aset yang didukung ZPL di Solana ke Bitcoin Runes dan Ordinals, yang masing-masing disebut “zRuneX” dan “zOrdX”.

Tugas lain dalam peta jalan Q3-nya termasuk mengaktifkan staking Bitcoin di mainnet Apollo-nya.

Zeus Network didukung oleh salah satu pendiri Solana, Anatoly Yakovenko, dan salah satu pendiri Stacks, Muneeb Ali. Pada tanggal 8 April, protokol ini mendapatkan putaran pendanaan sebesar $8 juta dengan valuasi $100 juta.

Secara keseluruhan, peluncuran ZPL Zeus Network menandai langkah maju yang signifikan dalam menjembatani dua ekosistem blockchain terbesar.

Dengan memungkinkan transfer dan penggunaan aset yang lancar antara Solana dan Bitcoin, ZPL dapat mengkatalisasi inovasi dan integrasi lebih lanjut dalam ruang aplikasi terdesentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Medium – Zeus Network