SoftBank Meraup Untung, Siap Kembangkan Chip AI Buatan Arm!

SoftBank Meraup Untung, Siap Kembangkan Chip AI Buatan Arm!

Jakarta, Pintu News – Perusahaan induk SoftBank, Arm, mengumumkan rencana untuk mengembangkan chip kecerdasan buatan (AI) internalnya sendiri setelah melaporkan keuntungan dari fokusnya pada AI. Simak berita lengkapnya disini!

SoftBank Raup Untung, Arm Siap Kembangkan Chip AI

SoftBank, perusahaan induk Arm, melaporkan laba bersih pada kuartal terakhir tahun keuangan 2024 setelah perusahaan mengalihkan fokusnya ke AI. Arm menjadi bagian utama dari prospek perusahaan untuk tahun mendatang.

Saham Arm melonjak 30% pada bulan Februari ini karena ambisinya dalam AI. Arm adalah salah satu dari banyak pengembang teknologi yang ingin mengembangkan chip AI internal dan mengurangi ketergantungan pada Nvidia.

Baca Juga: Gak Cuma Crypto, Softbank Fokuskan Investasi Miliaran Dolar ke AI!

Arm Siap Luncurkan Chip AI Tahun 2025

softbank investasi ai
Sumber: The Guardian

Menurut laporan dari Nikkei Asia, Arm akan membentuk divisi untuk mengembangkan chip AI, dengan protokol pertamanya akan dirilis pada musim semi 2025 dan produksi massal diperkirakan akan dimulai pada musim gugur tahun yang sama.

Arm akan menanggung biaya pengembangan awal, yang diperkirakan mencapai ratusan miliar yen, dengan kontribusi dari SoftBank yang memiliki 90% saham. Setelah produksi massal berjalan, ada kemungkinan bisnis chip AI akan dipisahkan di bawah SoftBank sendiri.

SoftBank dilaporkan sudah dalam negosiasi dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Corp, antara lain, untuk mengamankan kapasitas untuk memproduksi chip secara massal.

Baca Juga: Sam Altman Berinvestasi Besar-Besaran untuk Membangun Pabrik Chip AI Masa Depan

SoftBank Investasi Besar-besaran di Sektor AI

SoftBank telah meningkatkan investasinya dalam perangkat keras terkait AI, terkadang memperoleh kepentingan pengendali. Perusahaan investasi Jepang ini sedang dalam negosiasi untuk membeli perusahaan rintisan semikonduktor Inggris Graphcore.

Selain itu, SoftBank memimpin putaran pendanaan $1,05 miliar untuk perusahaan rintisan self-driving Inggris Wayve Technologies awal bulan ini, bekerja sama dengan Nvidia dan investor lama Microsoft Corp.

Kesimpulan

SoftBank sedang dalam pemulihan, terutama saat CEO Masayoshi Son bersiap untuk investasi besar-besaran di sektor AI dan semikonduktor. Langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk memperluas kemampuan Arm di luar perangkat seluler.

SoftBank diharapkan untuk melaporkan penurunan kinerja keuangannya ketika merilis laporan pendapatannya pada hari Senin. Investor sangat menantikan wawasan tentang investasi pertumbuhan baru perusahaan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi