Gak Cuma Crypto, Softbank Fokuskan Investasi Miliaran Dolar ke AI!

Gak Cuma Crypto, Softbank Fokuskan Investasi Miliaran Dolar ke AI!

SoftBank, salah satu konglomerat investasi terbesar di dunia, kini membidik investasi besar-besaran di bidang kecerdasan buatan (AI) setelah mengurangi investasi di sektor crypto. CEO SoftBank, Masayoshi Son, telah menunjukkan ketertarikannya untuk bermitra dengan OpenAI dan berinvestasi miliaran dolar di AI. Simak berita lengkapnya berikut ini!

SoftBank: Dari ‘Mode Bertahan’ ke ‘Mode Menyerang’ di AI

crypto funding ai
Pendanaan Crypto di Tengah Hype AI. Sumber: PitchBook / Bloomberg

Dilansir dari Bitcoin News, SoftBank, yang sebelumnya dikenal sebagai pemain besar di industri crypto, kini beralih fokus ke AI. Perubahan strategi ini didorong oleh perkembangan pesat dalam teknologi AI.

Masayoshi Son, yang mengaku sebagai pengguna berat ChatGPT buatan OpenAI, telah berkomunikasi secara rutin dengan CEO OpenAI, Sam Altman. Selain OpenAI, SoftBank juga menunjukkan ketertarikan pada Graphcore, pembuat chip AI berbasis di Inggris.

Son percaya bahwa AI adalah revolusi terbesar dalam sejarah manusia dan akan mendefinisikan ulang berbagai industri.

Baca Juga: Bank Terbesar Rusia Buka Akses Pengembang ke Platform DeFi Internal, Seperti Apa?

SoftBank dan Keterlibatannya di Pasar Crypto

Meskipun SoftBank meningkatkan investasinya di AI, perusahaan ini mengurangi investasi di blockchain dan crypto. Keputusan ini datang setelah tahun yang sulit bagi industri crypto.

Vision Fund 2 SoftBank, yang menampung sebagian besar perusahaan crypto dan blockchain mereka, telah mengalami kerugian sebesar $16,7 miliar sejak didirikan pada Juni 2019.

Meskipun demikian, SoftBank belum sepenuhnya meninggalkan industri crypto. Pada tahun 2022, mereka berinvestasi di Infstones, penyedia infrastruktur Web3, dan bermitra dengan proyek blockchain berfokus game, Oasys.

Baca Juga: Pertama Kalinya, Bank Thailand Beri Izin Layanan Bank Virtual Untuk Aktif di Tahun 2025!

    Masa Depan Investasi SoftBank: AI vs Crypto

    ai vs crypto
    Sumber: Blockchain Simplified

    SoftBank, setelah sukses dengan IPO unit Arm-nya, kini fokus pada investasi AI. Mereka percaya bahwa teknologi AI memiliki potensi transformasi yang besar.

    Selain OpenAI, SoftBank juga bermitra dengan perusahaan gudang robotik, Symbotic, dengan harapan mendirikan perusahaan patungan bernama GreenBox Systems LLC.

    Meskipun AI menjadi fokus utama, SoftBank tetap memantau perkembangan di industri crypto dan blockchain, menunjukkan komitmen mereka untuk tetap berada di garis depan investasi teknologi.

    Dengan AI yang terus menarik perhatian investor, pergeseran strategis SoftBank dari blockchain ke AI menunjukkan komitmen perusahaan untuk tetap berada di depan dengan investasi teknologinya. Hanya waktu yang akan menentukan apakah keputusan ini akan memberikan hasil yang diharapkan.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

      Referensi: