Societe Generale Luncurkan Obligasi Ramah Lingkungan Berbasis Blockchain

Societe Generale Luncurkan Obligasi Ramah Lingkungan Berbasis Blockchain

Inovasi terbaru di dunia keuangan telah hadir dengan peluncuran obligasi hijau digital pertama oleh Societe Generale. Obligasi ini tidak hanya menandai langkah maju dalam investasi berkelanjutan, tetapi juga menjadi pionir dalam pemanfaatan teknologi blockchain untuk transparansi dan kecepatan transaksi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Langkah Hijau di Dunia Crypto

Societe Generale, bank terbesar ketiga di Prancis, telah mengeluarkan obligasi hijau digital pertamanya dengan nilai €10 juta dan jangka waktu tiga tahun. Obligasi ini diterbitkan sebagai token keamanan di blockchain publik Ethereum oleh Forge, anak perusahaan Societe Generale, dan telah tersedia untuk umum sejak 30 November.

Obligasi ini tidak hanya menawarkan investasi yang ramah lingkungan, tetapi juga transparansi yang lebih tinggi berkat infrastruktur digitalnya. Kamu dapat mengakses data jejak karbon obligasi ini kapan saja melalui kontrak pintar yang terintegrasi. Ini merupakan langkah besar dalam mendorong investasi yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

Baca Juga: Sinis ke Crypto, China Malah Bangun Pusat Blockchain Nasional untuk Melatih Banyak Spesialis

Inovasi dan Transparansi

press release societe generale
Sumber: Societe Generale Blog

Obligasi hijau ini menawarkan inovasi dengan opsi teknis bagi investor untuk menyelesaikan sekuritas secara on-chain menggunakan EUR CoinVertible. EUR CoinVertible adalah stablecoin yang terikat pada nilai euro, dikeluarkan oleh Forge pada April 2023. Societe Generale mengantisipasi tren mata uang digital bank sentral (CBDC) yang akan datang dengan opsi ini.

Selain itu, obligasi ini juga merupakan langkah pertama dalam menggunakan blockchain sebagai repositori data dan alat sertifikasi untuk emiten dan investor. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi data ESG dan dampaknya pada skala global. SG-FORGE, yang merupakan anak perusahaan Societe Generale, telah mendapatkan lisensi akses tertinggi untuk layanan crypto di Prancis pada Juli 2023.

Baca Juga: Blockchain dan AI: Pasangan Baru yang Mengubah Dunia Teknologi?

Komitmen Berkelanjutan

Penerbitan obligasi hijau digital ini menunjukkan komitmen Societe Generale dalam memanfaatkan keahlian struktural keuangan dan kemampuan teknologi SG-FORGE. Ini juga membantu memperkaya kemampuan pasar modal utang Grup untuk memenuhi permintaan aset digital dari klien korporat dan institusional, termasuk pertimbangan ESG.

Transaksi ini merupakan contoh nyata dari layanan inovatif yang dikembangkan oleh Societe Generale dalam instrumen digital. Dengan demikian, Societe Generale berkontribusi dalam membangun pasar obligasi berkelanjutan yang inovatif, mendukung transisi ke ekonomi yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Dengan peluncuran obligasi hijau digital ini, Societe Generale tidak hanya memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam solusi keuangan berkelanjutan, tetapi juga menunjukkan potensi besar teknologi blockchain dalam menciptakan pasar modal yang lebih transparan dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: