Snoop Dogg dan a16z Dukung Platform Musik Web3 Sound dengan Pendanaan Rp299 Miliar!

author:

Snoop Dogg dan a16z Dukung Platform Musik Web3 Sound dengan Pendanaan Rp299 Miliar!

Platform musik Web3, Sound, baru-baru ini mengumpulkan dana sebesar $20 juta atau setara dengan Rp299 miliar untuk membantu para artis mendapatkan penghasilan yang berkelanjutan sepanjang karir mereka.

Putaran Seri A yang ditutup pada bulan Februari ini, dipimpin oleh firma modal ventura Andreessen Horowitz (a16z), dengan partisipasi dari rapper populer Amerika Serikat, Snoop Dogg, artis dan produser Ryan Tedder, firma yang dipimpin oleh aktor Ashton Kutcher, Sound Ventures, dan lainnya.

Sound: Mengubah Model Pendapatan Musik Tradisional

sound platform musik web3
Sumber: The Block

Sound bertujuan untuk mengganggu model pendapatan tradisional dari layanan streaming Web2 seperti Spotify atau Apple Music. Platform perusahaan ini memungkinkan artis untuk mencetak lagu mereka di blockchain sebagai token non-fungible (NFT) untuk dijual langsung kepada penggemar dan telah membantu pencipta musik menghasilkan $5,5 juta (Rp82 miliar) dari penjualan musik mereka sejak peluncuran beta pada tahun 2022.

Baca juga: Warner Music Group dan Polygon Luncurkan Program Akselerator Musik Berbasis Blockchain!

David Greenstein, salah satu pendiri Sound dan mantan manajer produk di layanan streaming Pandora, mengatakan bahwa seiring munculnya layanan berlangganan musik dalam dekade terakhir, mereka telah memperluas akses ke lagu sambil secara simultan mengurangi pendapatan artis. Di Spotify, misalnya, artis menerima sekitar $0,003 per stream.

Terinspirasi oleh model pendapatan “bayar sesuai keinginan” dari band rock Inggris Radiohead untuk rilis album mereka pada tahun 2007, In Rainbows, Greenstein ingin memberdayakan pendengar untuk memberi kompensasi yang adil kepada artis sesuai kebijakan mereka sendiri.

Memanfaatkan Web3 untuk Pembayaran Langsung

Greenstein menjelaskan bahwa Web3 membantu memfasilitasi pembayaran langsung untuk lagu, memungkinkan artis untuk menghilangkan perantara dan menjaga 100% dari pendapatan mereka. Dengan memanfaatkan Ethereum dan solusi penskalaan layer 2, Optimism, artis dapat mengunggah lagu mereka, mencetaknya di blockchain, dan menjualnya untuk ETH, tanpa memerlukan penggemar untuk membuat dompet dengan mendukung pembayaran fiat.

“Filosofi saya adalah ‘temui artis dengan apa yang mereka miliki. Pada akhirnya, setelah mereka mengumpulkan musik mereka dan mendapatkan pembayaran instan, itu adalah efek dopamin yang membuat mereka berpikir, ‘whoa, saya baru saja mengembalikan 100% dari pendapatan saya, perusahaan ini tidak mengambil apa pun dari saya, dan saya memiliki hubungan dengan penggemar saya’ itu sangat sangat kuat.” kata Greenstein, membahas proses onboarding pencipta baru ke Web3.

Sound berencana menggunakan dana tersebut untuk memperluas tim hubungan artis, teknik, dan pemasaran mereka saat membuka platformnya untuk publik. Sebelum peluncurannya tahun lalu, Sound mengumpulkan dana sebesar $5 juta dalam putaran benih pada Desember 2021 lalu, dengan pendukung termasuk a16z dan rapper 21 Savage.

Artis dan Produser Beralih ke Web3

musik web3
Sumber: Pooksomnia

Banyak artis dan produser yang berusaha untuk membebaskan diri dari rezim dan struktur pendapatan yang ada yang menentukan kesuksesan dalam industri musik telah beralih ke Web3 untuk melakukannya. Pada bulan Februari, pasar musik Web3, anotherblock, mengubah lagu hit Rihanna “B**** Better Have My Money” menjadi NFT yang difraksionalisasi, memungkinkan pemegang untuk mendapatkan royalti streaming pada lagu tersebut.

Pada bulan April 2023 lalu, penyedia kartu kredit Mastercard merilis Mastercard Music Pass, NFT yang gratis untuk dicetak yang memungkinkan artis memasuki program akselerator musik Web3 mereka. Baca selengkapnya di Mastercard Luncurkan Program Akselerasi Musisi, Khusus Holder Music Pass NFT?

Dengan dukungan dari investor ternama dan komitmen untuk membantu artis mencapai penghasilan yang berkelanjutan, Sound berada di garis depan revolusi Web3 dalam industri musik. Dengan menggabungkan teknologi blockchain dengan model bisnis yang berpusat pada artis, Sound berpotensi untuk mengubah cara masyarakat mendengarkan dan membeli musik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: